Otojadul - Cerita Pengembangan Mobil Nasional Bikinan Aburizal Bakrie, Sampai Rekrut Lima Perusahaan

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 21 September 2021 | 09:35 WIB
Gambaran mobil nasional Bakrie B-97.
Dok. OTOMOTIF
Gambaran mobil nasional Bakrie B-97.

GridOto.com - Bicara soal mobil nasional Indonesia, mungkin sobat GridOto akan lebih terbayang dengan merek Timor dengan model S515i dan SW516i yang cukup dikenal sejak 1995.

Tapi siapa sangka, dulu juga ada perusahaan lain di Indonesia yang pernah bikin mobil nasional lo, yakni Bakrie Motor dengan model B-97.

Melansir dari Tabloid OTOMOTIF No 14/VI terbitan 12 Agustus 1996, prototipe B-97 awalnya merupakan proyek ambisius yang dicetuskan oleh Aburizal Bakrie pada 1990-an silam.

Pengembangan prototipe ini dimulai oleh Aburizal Bakrie dengan mengontak biro konsultan Global Automotive Design and Technology (GADAT) yang berbasis di Singapura melalui Bakrie Motor pada 1992 silam.

Setelah melakukan sejumlah pembicaraan, Bakrie Motor dan GADAT kemudian melakukan riset dengan mengumpulkan data pasar, kompetitor, sumber daya dan lain-lainnya.

Langkah tersebut dilakukan karena Bakrie berencana memasarkan hasil jadi B-97 ke wilayah ASEAN, Amerika Latin dan Eropa.

Setelah berbagai tahap studi sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan memutuskan konsep dan desain yang nantinya dibuat oleh para teknisi Bakrie Motor.

Untuk ini, Bakrie Motor langsung merekrut lima perusahaan yang bisa membandunya mengembangkan prototipe B-97, salah satunya Peugeot Citroen Moteur (PCM) sebagai penyedia mesin.

Baca Juga: Otojadul: Percaya Enggak Percaya, Santet Sempat Jadi Jurus Andalan di Ajang Balap Era Awal 2000


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa