Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Semua Wajib Tahu Biar Enggak Salah Klaim, Ini Maksud dan Pengertian TLO pada Asuransi

Naufal Shafly - Sabtu, 31 Juli 2021 | 13:35 WIB
Ilustrasi. Klain asuransi TLO di Asuransi Astra Garda Oto
Antonio Beniah Hotbonar/GridOto.com
Ilustrasi. Klain asuransi TLO di Asuransi Astra Garda Oto

GridOto.com - Dalam dunia asuransi kendaraan, sobat pasti pernah mendengar kata Total Loss Only (TLO).

Biasanya, asuransi TLO ini didapatkan jika sobat membeli kendaraan secara kredit.

Lantas, apa sih yang dimaksud TLO dalam asuransi kendaraan? buat sobat yang belum tahu, simak nih artikel ini sampai habis.

TLO adalah salah satu jenis asuransi dimana konsumen akan mendapat pertanggungan jika kendaraan hilang akibat dicuri, atau kendaraan mengalami kerusakaan dengan nilai perbaikan lebih dari 75 persen.

"Jadi bukan kerusakan kendaraannya yang mencapai 75 persen, tapi biaya perbaikan untuk mengembalikan kondisi seperti semula mencapai 75 persen atau lebih dari harga pertanggungan," ucap Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra.

Jika kendaraan hilang akibat dicuri, atau mengalami kerusakan yang biaya perbaikannya mencapai 75 persen dari harga pertanggungan, maka konsumen berhak mendapatkan 100 persen penggantian.

Namun, perlu diketahui, penggantian yang diberikan asuransi berupa dana atau uang bukan unit mobil baru.

"Diberikan penggantian dalam bentuk dana ya. Sebab kalau diganti mobil, repot dong asuransinya, nanti harus nyari mobil yang sesuai dengan milik konsumen," ucap pria yang akrab disapa Iwan ini kepada GridOto.com, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Mobil Alami Kecelakaan Tunggal Bisa Dicover Asuransi, Ini Syaratnya Agar Disetujui

"Misal mobil konsumen yang hilang warna pink, ada stiker hello kitty-nya, masa harus dicarikan seperti itu? Repot kan," tambahnya.

Iwan menambahkan, besaran penggantian yang diberikan asuransi mengikuti harga pasaran mobil tersebut saat hilang atau mengalami kerusakan.

Ambil contoh, konsumen memiliki Toyota Avanza tahun 2019, mobil tersebut hilang di Juni 2021, maka biaya penggantian yang diberikan pihak asuransi harus sesuai dengan harga pasaran mobil bekas Avanza 2019 di Juni 2021.

"Penggantiannya bukan harga mobil saat beli di tahun 2019 ya. Tapi harga saat mobil itu hilang yaitu Juni 2021," kata Iwan.

Jadi harus dimengerti dulu ya sebelum klaim asuransi TLO!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa