Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki XL7 Milik Setjen DPR RI Terbakar di Tol, Segini Estimasi Biaya Perbaikannya di Bengkel Resmi

Harun Rasyid - Kamis, 29 Juli 2021 | 06:06 WIB
Suzuki XL7 terbakar di Tol Dalam Kota di Jalan Gatut Subroto, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021).
Tribunnews.com
Suzuki XL7 terbakar di Tol Dalam Kota di Jalan Gatut Subroto, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021).

GridOto.com - Diduga karena korsleting listrik di bagian alarm, satu unit Suzuki XL7 terbakar di tol Dalam Kota sekitar Jalan Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Senin (26/7/2021).

Suzuki XL7 yang terbakar sekitar pukul 14.05 WIB ini, sedang dikemudikan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI berinisial SBS (33).

Insiden tersebut membuat kondisi mobil bernopol B 2470 KOV ini mengalami kerusakan yang cukup parah di bodi depan, ruang mesin, kaca yang pecah, hingga part berbahan plastik semisal dasbor dan lampu juga meleleh.

Soal penyebab kejadian, Heru Purwanto selaku Service Manager di dealer Suzuki Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) Pondok Gede di Bekasi, Jawa Barat mengatakan, mobil bisa terbakar akibat penggunaan aksesori atau part kelistrikan yang tidak standar.

"Waktu itu ada juga pemilik Suzuki Ignis yang memasang lampu dengan watt lebih besar dari standarnya. Akibatnya relay bermasalah lalu merembet ke aki dan terjadi korsleting hingga menyebabkan mobil terbakar," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Rabu (28/7/2021).

"Jadi aksesori dan part kelistrikan di luar standar itu bisa berbahaya jika instalasinya tidak benar. Kalau pakai yang standar, saya belum pernah menemui masalah," sambung Heru.

Suzuki XL7 terbakar di tol Dalam Kota Jl Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Instagram/@tmcpoldametro
Suzuki XL7 terbakar di tol Dalam Kota Jl Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan


Soal perbaikan, Ia mengatakan jika pembenahan kelistrikan di Suzuki XL7 yang terbakar akan memakan biaya puluhan juta rupiah.

"Masalah ini biasanya kami ganti kabel-kabel saja, kalau ECU (Electronic Control Unit) kemungkinan masih bisa dipakai, tapi jika rusak biaya gantinya Rp 1,2 juta. Namun untuk ganti dasbor, speedometer, lampu-lampu, wiring, pengecekan mesin, perbaikan kelistrikan XL7 estimasinya sekitar Rp 12 jutaan," sebut Heru.

Baca Juga: Suzuki XL7 Terbakar Diduga Karena Pasang Alarm Tambahan, Apakah Bisa Dicover Asuransi?

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa