Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Produksi Mobil Listrik Secara Lokal Bukan Solusi untuk Tingkatkan Penjualan, Gaikindo Bilang Indonesia Butuh Ini

Naufal Shafly - Minggu, 25 Juli 2021 | 19:20 WIB
Ilustrasi kendaraan listrik
Kompas.com
Ilustrasi kendaraan listrik

GridOto.com - Sejumlah pabrikan mobil Jepang menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di Indonesia, salah satunya untuk pengembangan mobil listrik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat melakukan kunjungan kerja di Jepang pada Maret 2021 lalu.

Lewat keterangan resminya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim mendapatkan komitmen investasi dari beberapa perusahaan otomotif seperti Toyota, Suzuki, Honda, dan Mitsubishi Motors setelah melakukan kunjungan kerja ke Jepang selama dua hari.

“Pertemuan berjalan dengan baik dan membawa kabar gembira, karena beberapa perusahaan otomotif besar dan petrokimia menyatakan komitmen berinvestasi di Indonesia,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dalam keterangan resminya, Kamis (11/3).

Menperin menuturkan, pertemuan dengan prinsipal Honda Motor Company Ltd. berbuah pada komitmen investasi sebesar Rp 5,2 triliun dari perusahaan tersebut.

Pertemuan Kemenperin dengan pabrikan otomotif Jepang
Istimewa
Pertemuan Kemenperin dengan pabrikan otomotif Jepang

Suzuki Motor Corporation juga berencana menginvestasikan Rp 1,2 triliun, sementara Toyota Motor Corporation akan merealisasikan investasi yang sudah ada yaitu sekitar Rp 28 triliun.

Tidak ketinggalan, Mitsubishi Motors Corporation pun menyampaikan rencana investasi Rp 11,2 triliun di Tanah Air.

Melihat banyaknya pabrikan yang siap berinvestasi di Indonesia untuk pengembangan mobil listrik, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) menyambut baik hal ini.

Baca Juga: Renault Twizy Urban 80, Mobil Listrik Mungil Seharga Rp 400 Jutaan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa