Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tanpa Sadar, Kebiasaan Ini Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Aus

Muhammad Farhan - Senin, 2 Agustus 2021 | 12:40 WIB
Tuas Kopling Terasa Keras Ini Penyebabnya
Tribunnews
Tuas Kopling Terasa Keras Ini Penyebabnya

GridOto.com – Dilakukan secara tanpa sadar, ternyata beberapa kebiasaan ini menjadi penyebab kampas kopling motor transmisi manual cepat aus.

Bukan hanya dilakukan oleh pemula yang baru bisa belajar kopling, sebagian bikers yang sudah biasa bawa motor kopling pun masih ada yang melakukan kebiasaan jelek ini.

Dampaknya, kampas kopling yang seharusnya bisa awet lama pun jadi harus cepat ganti sehingga keluar biaya ekstra saat servis.

“Kesalahan paling umum yaitu kebiasaan meletakkan tangan di tuas kopling meski motor sudah dalam kondisi berjalan,” ungkap Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana Honda.

Baca Juga: Begini Cara Mudahnya Periksa Kondisi Rumah Kopling Tanpa Harus Bongkar

Ketika hal ini dilakukan, hasilnya pelat dan kampas kopling mengalami gesekan terus menerus jika kopling tidak sengaja tertekan dan jadi penyebab kampas kopling cepat aus.

Selain itu, efek sampingnya tenaga motor jadi tidak tersampaikan ke roda belakang secara maksimal walau mesin motor sudah bekerja keras.

Selalu pindahkan ke gigi netral pada saat motor berhenti lama atau di lampu merah
otomotifnet
Selalu pindahkan ke gigi netral pada saat motor berhenti lama atau di lampu merah

“Sedangkan kesalahan lain yang biasa dilakukan adalah menahan tuas kopling saat berhenti lama seperti di lampu merah,” lengkapnya.

Dalam kondisi seperti ini, disarankan untuk pindahkan gigi motor ke posisi netral dan lepas kopling agar plat kopling di mesin tidak terus bergesekan.

Baca Juga: Ini Alasan Mekanik Merendam Kampas Kopling dengan Oli Sebelum Dipasang

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa