Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Update Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Solo, Ada Sejumlah Kepala Desa dan Warga di Kabupaten Klaten Datangi Kantor BPN, Ada Apa?

Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 5 Juni 2021 | 11:30 WIB
Ilustrasi pembangunan jalan tol
Tribunpadang.com
Ilustrasi pembangunan jalan tol

GridOto.com - Proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sebetulnya masih berlanjut.

Untuk saat ini, pihak-pihak terkait sedang mengurus pembebasan lahan masyarakat yang terdampak pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo.

Bahkan sebagian pemilik lahan di beberapa desa sudah mengikuti musyawarah untuk membahas bentuk ganti rugi yang akan diterima dari pemerintah.

Meski demikian, ada sejumlah kepala desa yang diketahui mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Klaten untuk mengetahui kejelasan terkait wilayahnya yang dilewati pembangunan jalan tol.

Baca Juga: Pembangunan Fisik Jalan Tol Yogyakarta-Solo di Klaten Akan Dimulai, Pembebasan Lahan Sudah Selesai?

Kepala Desa Demakijo, Eri Karyatno mengatakan, dirinya dan para kepala desa lainnya datang ke BPN untuk mencari tahu terkait uang ganti rugi untuk sejumlah lahan terdampak jalan tol di wilayahnya.

"Kami ingin tahu soal penilaian uang ganti ruginya itu bagaimana. Saya ingin agar tidak terjadi permasalahan saat proses pembebasan lahan di Desa Demakijo nantinya," ucapnya, dikutip dari Tribunjogja.com, Kamis (03/06/2021).

Ia menambahkan, musyawarah untuk membahas uang ganti rugi lahan terdampak proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di desanya hingga sekarang belum dilakukan.

Sementara ini baru tahap invetarisasi dan identifikasi lahan terdampak yang sudah dilakukan di Desa Demakijo.

"Kalau lanjutannya belum ada. Di desa saya itu ada sekitar 178 bidang lahan. Itu hanya sawah dan tanah kas desa," jelas Ero Karyatno.

Baca Juga: Pembebasan 51 Lahan Terdampak Jalan Tol Yogyakarta-Solo di Desa Ini Berjalan Mulus, Nominalnya Puluhan Miliar

Editor : Dida Argadea
Sumber : Tribunjogja.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa