Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Sudah Sejauh Mana Persiapan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai? Ini Kata Menhub

M. Adam Samudra - Kamis, 20 Mei 2021 | 14:20 WIB
Bus Listrik PT MAB
Kompas.com
Bus Listrik PT MAB


GridOto.com
- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan road map mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan di Indonesia, sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

“Road Map ini telah kami koordinasikan dengan Kemkomarvest. Minggu depan akan kita presentasikan dalam satu diskusi yang lebih detail, sehingga bisa dijadikan pedoman atau patokan bagi stakeholder terkait,” kata Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub) di Jakarta, Kamis (20/5/2021)

Budi mengklaim, sejumlah upaya telah dilakukan Kemenhub untuk mendorong percepatan program KBLBB di Indonesia.

Di antarnya menerbitkan beberapa regulasi, menggunakan KBLBB sebagai kendaraan operasional Kemenhub, mendorong angkutan umum (Transjakarta, Damri, Angkutan Bandara) untuk menggunakan Bus dengan tenaga listrik, dan mendorong penggunaan bus listrik melalui Program Buy The Service (BTS) di beberapa kota.

Baca Juga: Kemenhub Adakan Rapid Test Antigen Bagi Pengendara Motor Menuju Jakarta, Ini Dia Titiknya

Selain itu, ia juga merencanakan penggunaan KBLBB sebagai kendaraan operasional pada 3 (tiga) kota percontohan di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali.

Kendaraan listrik juga bisa menjadi preferensi bagi Indonesia menjadi negara pengekspor kendaraan listrik, dan kita punya Pelabuhan Patimban yang sangat terbuka untuk dilakukan pengembangan industri mobil listrik," tutur Menhub.

"Karena memiliki car terminal yang memang diprioritaskan untuk melakukan ekspor ataupun antarkota," imbuhnya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Budi pun berharap dukungan dari stakeholder terkait, untuk bersama-sama menjadikan kendaraan listrik sebagai kebutuhan massal di Indonesia.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian ESDM dan PLN untuk menyediakan tempat pengisian (charging) di simpul-simpul transportasi, yaitu di Stasiun Kereta Api di Jakarta.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa