Boleh Melintas Selama Larangan Mudik, Hankook Beri Tips Aman Jaga Kondisi Ban Kendaraan Logistik

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 12 Mei 2021 | 17:27 WIB
Ilustrasi kendaraan niaga
Harryt MR
Ilustrasi kendaraan niaga

GridOto.com - Memasuki masa larangan mudik lebaran 2021, kendaraan niaga pengangkut barang atau logistik menjadi salah satu moda transportasi yang diizinkan untuk beroperasi.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 tahun 2021 dan diaplikasikan mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Karena keterbatasan mobilitas masyarakat, serta kebutuhan logistik yang meningkat jelang hari raya Idul Fitri membuat keberadaan kendaraan niaga semakin penting.

Yoon Soo Shin selaku President Director PT. Hankook Tire Sales Indonesia, mengajak para pemilik dan pengelola kendaraan niaga untuk tetap waspada supaya memperhatikan kondisi ban saat beroperasi di hari raya agar menghindari insiden.

Baca Juga: Kembali Jalin Kemitraan dengan Porsche, Hankook Resmi Jadi Pemasok Ban Orisinal 718 Boxster dan Cayman

"Rem yang tidak berfungsi dengan baik dan kerusakan pada ban menjadi salah satu penyebab kecelakaan paling umum. Inspeksi kendaraan sebelum berangkat wajib dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan dan meminimalisir risiko yang disebabkan kelalaian pribadi," ujar Yoo Soon Shin dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Selasa (11/05/2021).

Lebih lanjut, Ahmad Juweni selaku National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) Hankook Tire Sales Indonesia mengungkapkan sebelum melakukan perjalanan, pengendara perlu memperhitungkan beban dan muatan barang yang akan diangkut.

Ini penting demi memiminalisir terjadinya pecah ban saat kendaraan niaga melintas jalan tol, dengan cara kenali speed index (indeks kecepatan) dan load index (indeks muatan) pada ban.

"Dengan memperhatikan load index dan speed index, pengendara diharapkan dapat memahami kemampuan kendaraan dan dapat memilih ban yang sesuai kebutuhan dan spesifikasi. Sehingga pecah ban pun juga dapat diminimalisir," terang Ahmad.

Baca Juga: Ban Mobil Listrik Punya Spek Khusus, Hankook Kasih Bocorannya


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa