Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran 2021 Penumpang Bus Alami Penurunan, Segini Angkanya

M. Adam Samudra - Sabtu, 8 Mei 2021 | 08:30 WIB
ilustrasi mudik Lebaran menggunakan bus.
Kompas.com/Garry Lotulung
ilustrasi mudik Lebaran menggunakan bus.

GridOto.comKemenhub mengklaim jumlah pergerakan Transportasi dan penumpang di hari pertama masa larangan pengoperasian transportasi untuk mudik, Kamis, 6/5/2021, cukup terkendali.

Demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.

“Berdasarkan hasil pemantauan pengendalian transportasi di hari pertama cukup signifikan dibanding sebelum masa larangan,” kata Adita di Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

Di transportasi darat, penumpang angkutan darat (bus) di mencapai total 10.644 orang atau turun sekitar 75 persen dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran 2021, Jasa Marga Kembalikan Ratusan Pemudik Ke Jakarta

Sedangkan volume lalu lintas harian (motor, mobil penumpang, dan mobil besar) yang menggunakan jalan nasional non-tol ke arah keluar Jabodetabek mencapai lebih dari 68 ribu kendaraan atau turun sekitar 48 persen dibandingkan hari biasa.  

“Penurunan volume penumpang yang cukup signifikan di semua moda transportasi ini bisa diindikasikan, pertama, masyarakat telah melakukan perjalanan lebih dulu di masa pra peniadaan mudik, atau kedua, tingkat kepatuhan masyarakat yang meningkat terhadap peraturan peniadaan mudik di tahun 2021,” tutur Adita.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Jasa Marga Justru Catat 414 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Adita menjelaskan, dari pemantauan penerapan pengendalian transportasi di hari pertama, penerapan protokol kesehatan di prasarana dan sarana transportasi umum berjalan cukup baik.

“Selanjutnya, kami akan terus melakukan pemantauan terhadap pengendalian transportasi di masa Idul Fitri 2021 H dan memastikan perjalanan masyarakat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku,” tutup Adita.


Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa