Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan Honda


Skutik Besar

Punya Mesin 160 Cc dan Desain Gagah, Honda PCX 160 Dapat Apresiasi Masyarakat hingga Selebritas

Yussy Maulia - Kamis, 6 Mei 2021 | 13:09 WIB
Honda PCX 160, matik besar dengan sederet keunggulan yang diapresiasi banyak kalangan.
Dok. Astra Honda Motor
Honda PCX 160, matik besar dengan sederet keunggulan yang diapresiasi banyak kalangan.

Gridoto.com – Matik berbadan besar menjadi salah satu jenis kendaraan yang mencuri perhatian konsumen roda dua. Sebab, selain dibekali dengan desain body yang lebar untuk memastikan posisi riding lebih nyaman dan tampilan mewah, matik jenis ini biasanya punya mesin berkubikasi tinggi.

Matik besar rata-rata memiliki kubikasi mesin di atas 150 cc hingga 250 cc. Pada 2020, minat terhadap matik di segmen ini bisa dikatakan masih cukup tinggi. Contohnya, dari data yang dicatatkan Honda.

Mengutip data pemberitaan GridOto, Minggu (17/1/2021), menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada 2020 jumlah unit roda dua yang terjual sempat mengalami penurunan dibanding 2019.

Total unit sepeda motor yang terjual pada 2020 hanya berkisar di angka 4.363.408 unit untuk pasar ekspor dan domestik.

Baca Juga: Skutik Besar Jadi Motor Impian Banyak Orang, Apa Keunggulannya?

Meski demikian, Honda masih mencatatkan penjualan yang cukup baik di segmen skutik (150 cc ke bawah) dan matik besar. Menurut data tersebut, Honda PCX menjadi salah satu dari empat varian yang paling banyak terjual.

Melihat tanggapan masyarakat terhadap segmen matik tersebut, pada 2021, Honda mengeluarkan Honda PCX 160 sebagai pembaruan dari seri PCX sebelumnya.

Motor dari segmen matik besar tersebut menggendong mesin berkapasitas 160 cc. Dengan kubikasi mesin yang cukup besar di segmen matik dan body bongsor berdesain premium, motor satu ini pun diklaim sebagai matik besar yang sesungguhnya.

Pembuktian atas hal tersebut didapat Honda PCX 160 usai berhasil menyabet penghargaan Bike of The Year dari ajang Otomotif Award 2021, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga: Diklaim Bukan Matik Besar Biasa, Intip Keistimewaan Honda PCX 160 Ini

Ada beberapa parameter yang membuat Honda PCX 160 dinilai pas disebut sebagai matik besar terbaik. Beberapa di antaranya desain premium dengan karakter sporty, performa mesin berkubikasi tinggi, fitur berkendara, hingga kemampuan untuk dikendarai di segala medan.

Tak hanya penghargaan itu, apresiasi atas performa mesin dan aspek berkendara khas matik besar yang dihadirkan Honda PCX 160 pun datang dari masyarakat umum hingga selebritas.

Dapat apresiasi dari masyarakat umum

Respons positif terhadap Honda PCX 160 yang baru meluncur pada Februari 2021 ditunjukkan melalui hasil survei “Telesurvei Peluncuran Honda PCX 160” yang diadakan oleh lembaga survei KedaiKOPI bersama Motorplus-online pada 1-5 Maret 2021.

Dalam survei tersebut, sebanyak 90,6 persen responden mengaku suka dengan Honda PCX 160. Alasannya beragam, mulai dari karakteristik motor yang besar, modelnya yang bagus, nyaman untuk dikendarai, hingga performa mesinnya.

Baca Juga: Yuk, Rasain Lagi Pengalaman Berkendara Pakai Honda PCX 160 yang Menang Bike of The Year 2021

Terkait performa mesin, sebenarnya spesifikasi mesin Honda PCX 160 adalah 156,9 cc. Namun, merasakan performanya, 62 persen responden mengaku matik besar ini wajar disebut sebagai motor bermesin 160 cc.

Sebagai informasi, matik besar ini dibekali mesin generasi terbaru eSP+ 4-valve berteknologi tinggi.

Saat dibawa berkendara, mesin berteknologi ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Redaktur R2 Tabloid Otomotif Antonius Yulianto yang sekaligus menjadi juri dalam Otomotif Awards 2021 pun memberi tanggapannya soal Honda PCX 160.

Baca Juga: Diklaim Bukan Matik Besar Biasa, Intip Keistimewaan Honda PCX 160 Ini

Ia mengatakan, meski Honda PCX 160 masih termasuk matik kelas medium, tak ada salahnya apabila motor itu disebut matik besar.

“Karena dimensi motornya memang cukup besar, kapasitas mesin juga sekarang lebih besar dari matik sekelasnya,” ungkap pria yang akrab disapa Aant tersebut saat ditanya soal spesifikasi Honda PCX 160, Senin (26/4/2021).

Meski punya mesin berkapasitas besar, bukan berarti Honda PCX 160 boros dalam konsumsi bensin. Ia mengatakan, justru matik besar ini terbukti lebih irit dibanding generasi sebelumnya, yakni PCX 150.

Mengutip pemberitaan Otomotifnet, Jumat (5/3/2021), dari hasil uji berkendara sejauh 350 kilometer (km) dengan kecepatan lumayan tinggi, Honda PCX 160 menghabiskan 42,2 km per liter.

Baca Juga: Mendapat Sejumlah Pembaruan All New Honda PCX 160 Raih Bike of the Year 2021

Diviralkan oleh banyak selebritas

Rasa penasaran akan Honda PCX 160 ini ternyata juga sampai hingga lingkup selebritas. Sederet artis kenamaan Tanah Air turut berlomba-lomba memamerkan Honda PCX 160 miliknya.

Salah satunya adalah Geng Komika top Tanah Air yang terdiri dari Babe Cabita, Arie Kriting, dan Dodit Mulyanto. Dalam unggahan Instagram Dodit, mereka terlihat kompak menunggangi Honda PCX 160.

Babe Cabita, Arie Kriting, dan Dodit Mulyanto yang turut memamerkan Honda PCX 160.
Dok. Instagram @dodit_mul
Babe Cabita, Arie Kriting, dan Dodit Mulyanto yang turut memamerkan Honda PCX 160.

Kami bersama sekarang menjadi boyband agar menyaingi Westlife, nih motor kita uda couplean, ada yang minat gabung? Kalo minat syaratnya IPK harus 3,80” tulisnya pada caption yang diunggah Rabu, (25/3/2021).

Namun, daya tarik yang dimiliki Honda PCX 160 rupanya tidak hanya menarik minat kaum pria saja, tetapi juga kaum wanita.

Baca Juga: Gampang, Begini Cara Menonaktifkan Sistem HSTC di Honda PCX 160

Terlihat selebriti Nycta Gina bersama dua rekannya, Fitri Tropika dan Hamidah Rachmayanti juga ramai-ramai memamerkan Honda PCX 160 di unggahan Instagramnya.

Perkenalkan kami adalah klub motor emak-emak pengajian pertama di muka bumi ini, siap sun-mori dg sun-tun dan sun-tuy. Ini resolusi 2021 kami, emak2 pengajian go sporty jadi geng motor… aseeeekkk,” tulis Nycta Gina pada caption, Kamis (26/3/2021).

Dalam foto tersebut, ‘geng emak-emak’ tersebut terlihat santai namun tetap elegan saat menunggangi Honda PCX 160.

Dengan ketinggian motor 137 milimeter (mm), matik besar ini memang masih tergolong mudah dijangkau bagi kaum hawa.

Baca Juga: Ada Kotak Hitam di Filter Udara Honda PCX 160, Ternyata Ini Fungsinya

Terkait kemudahan berkendara, Aant pun sempat membahasnya. Menurutnya badan besar Honda PCX 160 seharusnya tak jadi soal untuk penggunaan sebagai kendaraan harian.

“PCX 160 karakternya memang lebih ringan dan lincah, jadi pas banget buat dipakai sehari-hari dan berkendara di perkotaan. Busa jok dan suspensinya juga lebih nyaman,” tambah Aan.

Matik besar ini juga dilengkapi fitur-fitur yang dapat membuat pengalaman berkendara semakin nyaman, seperti Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang mampu menyeimbangkan putaran roda untuk mencegah terjadinya selip.

Selain itu, ada fitur keamanan lainnya seperti anti-lock braking system (ABS) untuk mengatur sistem pengereman yang aman dan anti-theft alarm untuk mendeteksi adanya pencurian.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Tipe dan Ukuran Boks Belakang Buat Honda PCX 160

Honda PCX 160 juga dilengkapi answer back system untuk mempermudah pengendara mencari motor saat di lokasi parkir.

Desain besar dan gagah, kapasitas mesin yang besar, serta kenyamanan berkendara ekstra yang ditawarkan oleh Honda PCX 160 seolah melahirkan standar baru bagi matik besar yang sesungguhnya.

Soal harga, Honda PCX 160 dipasarkan dengan harga on the road (OTR) Jakarta sekitar Rp 30 juta hingga Rp 34 jutaan. Sementara itu, matik besar ini tersedia dalam tiga varian, yakni CBS, ABS, dan e:HEV.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa