Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan Honda


Skutik Besar

Yuk, Rasain Lagi Pengalaman Berkendara Pakai Honda PCX 160 yang Menang Bike of The Year 2021

Fathia Yasmine - Senin, 3 Mei 2021 | 14:42 WIB
Tampilan elegan Honda PCX 160.
Dok. Astra Honda Motor
Tampilan elegan Honda PCX 160.

GridOto.com – Meski baru meluncur awal tahun ini, eksistensi Honda PCX 160 di kancah roda dua rupanya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Setelah mendapat respons positif dari pelanggan, skuter matik premium tersebut juga membuktikan keunggulannya dengan dinobatkan sebagai Bike of The Year dalam ajang Otomotif Award 2021.

Menurut Redaktur R2 Tabloid Otomotif Antonius Yulianto yang juga menjadi juri dalam ajang penghargaan tersebut, kemenangan Honda PCX 160 tidak lepas dari beberapa aspek penilaian dan uji performa.

“Tahapan pengujian mencakup aspek desain, fitur dan teknologi, performa, riding positionhandling, konsumsi bensin, sampai segi harga,” ujar pria yang akrab disapa Aant tersebut ketika ditanya tentang indikator penilaian, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Tengok Harga Bekas Toyota Kijang Diesel, Termurah Dijual Rp 40 Jutaan

Melalui satu tahun proses pengujian, Aant mengungkapkan bahwa Honda PCX 160 berhasil memenuhi ekspektasi para juri dari berbagai sisi, terutama performa dan ketangguhan berkendara.

“Bisa dikatakan All New Honda PCX 160 memiliki desain sempurna, konsumsi bensin yang lebih irit, fitur, dan performa terbaik di kelasnya,” ungkap Aant.

Dalam kesempatan berbeda, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menyampaikan apresiasi atas kemenangan Honda PCX 160. Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak lepas dari kepercayaan konsumen sehingga AHM tergerak untuk terus menghadirkan berbagai produk berkualitas.

“Melalui pencapaian ini, kami berharap dapat semakin melengkapi kesenangan berkendara para pecinta skutik premium yang menyukai sensasi berkendara nyaman dengan teknologi tinggi," ujar Thomas.

Baca Juga: Setel Tekanan Angin Air Suspension Terlalu Tinggi, Ini Efeknya

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, Honda PCX 160 berhasil menguatkan posisi sebagai sepeda motor yang menghadirkan kenyamanan berkendara, desain mewah, serta penyematan mesin dan fitur berteknologi tinggi.

Melihat prestasi Honda PCX 160 tersebut, GridOto mencoba membedah kembali poin-poin yang jadi alasan matik besar tersebut dinobatkan sebagai motor terbaik di kelasnya. Yuk, rasakan lagi bagaimana sensasi berkendara dengan Honda PCX 160. 

Desain mewah buat pengendara percaya diri

Sebagai matik besar dengan harga on the road mulai Rp 30 jutaan, desain Honda PCX 160 boleh dibilang pantas. Desainnya premium dengan lekuk-lekuk tajam di beberapa sudut. Garis mata lampu depan dibuat menyudut sehingga tampil macho dan futuristik.

Bagian emblem Honda PCX dan roda disematkan aksen warna gold, membuat matik besar ini terlihat berkelas. Ukuran ban dibuat lebih besar untuk sensasi berkendara yang lebih halus dan aman.

Baca Juga: Yamaha MT-15 Versi 2021 Dijual Rp 37 Jutaan, Inilah Daftar Harga Motor Sport Non Fairing Yamaha Per 3 Mei 2021

Apabila dibawa untuk berkendara sehari-hari di jalan Ibu Kota, Honda PCX 160 jelas akan kelihatan menonjol dibandingkan motor-motor lain. Desainnya yang mewah dan gagah khas matik besar tentunya akan ikut meng-upgrade “kelas” pengendaranya di jalan.

Saat ini, Honda PCX 160 dipasarkan dengan 3 tipe yaitu CBS, ABS, dan e:HEV.  Untuk tipe CBS terdapat warna wonderful white, majestic matte red, glorious matte black, dan marvelous matte gray. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna wonderful white, majestic matte red, brilliant black, dan royal matte blue.

Tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga untuk tampilan yang lebih mewah. Terakhir, untuk tipe e: HEV terdapat warna horizon white, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX.

Kenyamanan berkendara

Bicara soal matik besar pastinya tidak lepas dari kenyamanan berkendara. Matik besar diciptakan dengan bodi bongsor bukan tanpa alasan. Dengan bodi yang lebih besar, jok bisa lebih tinggi dan lebar sehingga posisi duduk pengendara lebih enak.

Baca Juga: Komponen Ini Bakal Rusak Kalau Kalian Sering Hajar Polisi Tidur Dengan Kecepatan Tinggi

Nah, untuk Honda PCX 160, Honda menyematkan jok dengan tinggi 764 milimeter (mm) dengan desain melebar. Busanya tebal dan lembut dan kontur jok memisahkan posisi duduk pengendara dengan penumpang secara sempurna.

Dengan begitu, matik besar ini pas buat dikendarai seorang diri atau sambil membawa boncengan, baik di perkotaan maupun di perjalanan luar kota. Pengendara dan penumpang bisa duduk nyaman meski waktu tempuh cukup panjang.

Honda PCX 160 juga dilengkapi dengan sandaran kaki agar pengendara dapat berselonjor. Sandaran kaki tersebut tidak hanya diberikan pada pengemudi saja, penumpang pun mendapatkan kenyamanan serupa.

Posisi setang yang condong ke belakang membuat pengendara tidak perlu duduk terlalu tegak sehingga lebih rileks. Honda PCX 160 sendiri memiliki bobot 132 kg yang tidak terlalu berat untuk ukuran motor matik besar, sehingga cocok untuk dikendarai pria maupun wanita.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Bekas Nissan X-Trail Awal Mei 2021, Mulai Rp 80 Jutaan

Berbicara soal kenyamanan, Aant yang sempat menguji Honda PCX 160 menilai kenyamanan matik besar terbaru Honda itu bisa dikatakan lebih dari pendahulunya, Honda PCX 150. Bukan hanya dari segi karakter jok, handling-nya juga lebih ringan daripada pendahulunya. 

“Motor ini juga karakternya lebih ringan dan lincah, jadi pas juga buat harian dan berkendara di perkotaan,” kata Aant.

Fitur-fitur keamanan bikin motor mudah dikendarai

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, AHM menambahkan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang mencegah ban belakang terkena selip saat dikendarai. Fitur ini bisa dinyalakan dan matikan sesuai keinginan.

Meski demikian, Aan menyebut bahwa fitur HSTC lebih baik tetap dinyalakan ketika berkendara. Pasalnya, fitur ini dapat mencegah pengguna terjatuh akibat jalan yang basah atau licin.

Baca Juga: Baru Bekerja dan Ingin Beli Mobil Pertama? Ini yang Harus Diperhatikan Agar Keuangan Tetap Sehat

Bukan hanya saat berkendara, kemungkinan motor selip roda belakang juga biasa terjadi saat keluar dari garasi yang habis diterpa hujan atau tempat cuci motor. Sebab, permukaan lantainya basah.

Nah, HSTC juga dapat berfungsi di situasi-situasi sederhana semacam itu. Hal itu membuat siapa saja bisa mengendarai Honda PCX 160. Utamanya, ladies biker yang kerap panik saat hal tersebut terjadi.

Di samping mengandalkan fitur HTSC, penggunaan suspensi belakang yang lebih panjang 15 mm juga salah satu penunjang kestabilan berkendara. Ditambah dengan fitur anti-lock brake system (ABS) berkendara pun jadi tambah aman.

Memiliki karakter ringan dan lincah membuat All New Honda PCX 160  nyaman digunakan untuk berkendara di perkotaan.
Dok. AHM
Memiliki karakter ringan dan lincah membuat All New Honda PCX 160 nyaman digunakan untuk berkendara di perkotaan.

Performa gahar

Mengusung mesin berkapasitas 160cc  menggunakan 4 katup Enhanced Smart Power plus (eSP+) dengan teknologi minim gesekan, membuat campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih baik. Teknologi ini, alhasil membuat Honda PCX 160 menjadi lebih irit BBM.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh AHM, Honda PCX 160 juga hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh perjalanan hingga 45 kilometer. Tangki bensinnya sendiri sanggup untuk membawa 8,1 liter BBM lewat satu kali pengisian.

Saat tes performa, akselerasi Honda PCX 160 juga cukup bertenaga. Tarikannya halus dan responsif dengan kekuatan mesin yang mampu menghasilkan 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Fitur lainnya

Dari segi fitur tambahan, PCX 160 telah mendukung USB Charger type A dengan tambahan socket untuk melakukan pengisian daya. Tambahan fitur fuel tank with cup holder pun membuat pengendara tidak perlu repot memegangi tutup tangki saat isi bensin.

Baca Juga: Digugat Nasabah Karena Mazda RX-8 Rusak Saat Dijaminkan, Begini Respons Pegadaian

Laci kompartemen berkapasitas 1,7 liter juga disematkan di bagian bawah setang untuk memudahkan pengendara memasukan dan mengeluarkan barang.

Untuk kapasitas bagasi, PCX 160 memiliki kapasitas tangki sebesar 30 liter berkat penggunaan rangka baru, sehingga pengendara dapat lebih leluasa ketika ingin membawa banyak barang bawaan.

Untuk memastikan keamanan pengendara ketika sedang menyimpan barang, Honda turut menyematkan fitur Seat Stopper untuk menahan posisi jok agar tidak mudah tertutup.

Fitur-fitur penunjang tersebut kesannya sederhana tetapi sebetulnya sangat bermanfaat. Kehabisan daya ponsel saat berkendara hingga kerepotan membawa barang banyak seringkali dialami oleh pengendara motor. Dengan adanya fitur tersebut tentunya berkendara akan lebih nyaman.

Baca Juga: Modifikasi Mazda Biante Berjubah DAMD, Simpel Tapi Kelihatan Mewah

Fitur andalan lain yang wajib ada pada skutik seperti Idling Stop System (ISS) dan Honda smart key System  masih dipertahankan oleh AHM untuk melengkapi keamanan berkendara pengguna.

Itulah pengalaman berkendara yang dapat dirasakan berkat keempat aspek yang unggul dari Honda PCX 160 dalam ajang Otomotif Award 2021.

Untuk meminang skutik satu ini, AHM memasarkan PCX 160 dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta dengan harga Rp 30.350.000 untuk tipe CBS , Rp 33.950.000 untuk tipe ABS, dan Rp 43.550.000 untuk tipe e: HEV.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa