Selain Toyota Kijang Innova dan Fortuner, Ini Daftar Mobil Penerima Insentif PPnBM 2.500 Cc

Naufal Shafly - Jumat, 2 April 2021 | 11:08 WIB
Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner merupakan kedua produk yang berhak mendapat insentif PPnBM
Istimewa
Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner merupakan kedua produk yang berhak mendapat insentif PPnBM

GridOto.com - Perluasan relaksasi PPnBM terhadap mobil berkubikasi di bawah 2.500 cc telah resmi diberlakukan pemerintah.

Sejalan dengan diberlakukannya aturan tersebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi mengeluarkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 Tahun 2021.

Tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Pemerintah Pada Tahun Anggaran 2021.

Dalam keputusan ini, Kemenperin menjabarkan daftar mobil di bawah 2.500 cc yang berhak mendapatkan diskon PPnBM 50 persen.

Baca Juga: Sah! Menkeu Sri Mulyani Resmi Bebaskan PPnBM Untuk Mobil Baru Hingga 2.500 cc

Uniknya, syarat penerima relaksasi ini berbeda jika dibandingkan dengan relaksasi pertama untuk mobil berkubikasi di bawah 1.500 cc.

Untuk mobil di bawah 1.500 cc, salah satu syarat untuk mendapatkan relaksasi ini adalah memiliki local purchase sebesar 70 persen.

Namun, untuk mobil berkubikasi di bawah 2.500 cc, syaratnya adalah memiliki local purchase 60 persen.

Hal ini tertuang pada Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 Tahun 2021, Diktum KEDUA, yang berbunyi;

"Kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU harus memenuhi persyaratan pembelian lokal (local purchase) yang meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 60% (enam puluh persen),"

Baca Juga: Pembeli Toyota Kijang Innova dan Fortuner Diesel Belum Bisa Nikmati Relaksasi PPnBM Mobil 2.500 cc, Ini Alasannya

Dengan begitu, bukan hanya Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova yang bisa menikmati relaksasi ini, ada beberapa mobil lain yang turut mendapat diskon PPnBM.

Lantas, apa saja mobilnya, berikut daftarnya:

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dida Argadea

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa