Pasta Khusus Ini Bisa Jadi Solusi Untuk Pengembangan Motor Hidrogen di Masa Depan, Kok Bisa?

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 1 Maret 2021 | 09:35 WIB
Pasta khusus buatan peneliti di Institut Fraunhofer bernama PowerPaste bisa jadi solusi pengembangan motor hidrogen di masa mendatang.
Canadamotoguide.com
Pasta khusus buatan peneliti di Institut Fraunhofer bernama PowerPaste bisa jadi solusi pengembangan motor hidrogen di masa mendatang.

GridOto.com - Pengaplikasian hydrogen fuel cell pada motor untuk saat ini memang dinilai kurang cocok karena sejumlah alasan.

Salah satunya karena kepadatan energi hidrogen yang dinilai kurang, sehingga menjadi masalah saat diaplikasikan pada motor.

Mengerti masalah ini, para peneliti bidang Teknologi Manufaktur dan Material Baru Institut Fraunhofer, Jerman mencoba menyelesaikan masalah kepadatan energi hidrogen sehingga memungkinkan adanya pengembangan motor hidrogen di masa depan.

Melansir dari Canadamotoguide.com, para peneliti di Institut Fraunhofer diketahui mencoba menciptakan sebuah produk yang diberi nama PowerPaste.

Baca Juga: Intip Kembali Cara Kerja Fuel Cell Hidrogen, Emisinya Cuma Air

PowerPaste ini merupakan hasil dari pencampuran antara material magnesium dan hidrogen yang dibentuk jadi seperti pasta.

Pasta tersebut kemudian disimpan di dalam sebuah wadah khusus yang nantinya bisa dipasangkan pada tangki air motor hidrogen.

Bicara soal cara kerjanya, PowerPaste nantinya dicampurkan dengan air untuk memicu reaksi kimia guna mencipakan hidrogen murni yang digunakan sebagai sumber tenaga.

Para peneliti di Institut Fraunhofer mengklaim kepadatan energi hidrogen dari reaksi kimia itu bisa 10 kali lebih besar dibanding energi pada baterai lithium yang umum digunakan.

Baca Juga: Prototipe Hypercar Berbahan Bakar Hidrogen Hyperion XP-1 Sudah Rilis ke Publik, Begini Tampilannya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi
Sumber : Canadamotoguide.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa