Advertorial

Mengenal Teknologi Turbo Milik Daihatsu, Seperti Apa Performanya?

Nana Triana - Minggu, 28 Februari 2021 | 12:02 WIB
Daihatsu Rocky menjadi salah satu mobil yang menggunakan mesin turbo.
Dok. Daihatsu
Daihatsu Rocky menjadi salah satu mobil yang menggunakan mesin turbo.

GridOto.com – Penyematan teknologi turbo kini tengah menjadi tren di industri otomotif. Pasalnya, dengan teknologi tersebut memungkinakan mesin berkapasitas kecil menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar.

Selain itu, teknologi turbo juga mampu membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien. Tak heran jika saat ini  banyak pabrikan otomotif di dunia mengembangkan fitur yang memanfaatkan teknologi turbo untuk meningkatkan performa kendaraan.  Salah satunya adalah produsen otomotif asal Jepang, Daihatsu.  

Head of Marketing Product Planning Division (MPPD) PT ADM Anjar Rosjadi, mengatakan, Daihatsu sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi dalam mengembangkan setiap produknya.

“Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan,” jelas Anjar dalam keterangan pers yang diterima GridOto.com Jumat (26/2/2021). 

Baca Juga: Canggihnya Advanced Safety Assist, Teknologi Keamanan Terbaru dari Daihatsu

Meskipun memiliki mesin berkapasitas kecil, mobil-mobil tersebut memiliki performa rata-rata hingga 30 persen lebih tinggi dari kemampuan aslinya.

Contohnya, mobil Daihatsu Tanto yang menggendong mesin berkapasitas 660 cc. Dengan disematkannya turbocharger, Daihatsu Tanto memiliki performa setara dengan mobil berkapasitas 1.000 cc.

Secara fungsi dan mekanis, komponen turbocharger pada mobil Daihatsu mengadaptasi sistem dengan cara mendorong induksi di dalam mesin. Memanfaatkan gas buang dari mesin, turbocharger menghasilkan udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk memperkuat pembakaran.

Baca Juga: Penjualan Daihatsu Meningkat, Gran Max Jadi yang Paling Laris

Karena turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, maka dipastikan kendaraan Daihatsu juga lebih ramah lingkungan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa