Penjualan Xenia Kalah Laris Dibanding Sigra di 2020 Kemarin, Begini Tanggapan Daihatsu

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 15 Januari 2021 | 21:05 WIB
Daihatsu Xenia
Instagram @daihatsuind
Daihatsu Xenia

GridOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membukukan penjualan Xenia secara retaol (dari dealer ke konsumen) sebanyak 9.231 unit.

Meski begitu, penjualan Multi Purpose Vehicle (MPV) kembaran Toyota Avanza tersebut masih kalah laris, jika dibanding Daihatsu Sigra yang terjual sebanyak 26.219 unit.

Hendrayadi Lastiyono, Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat Sigra lebih diminati konsumennya ketimbang Xenia.

Selain harga jual yang lebih terjangkau, Daihatsu Sigra juga dinilai memiliki kemampuan yang setara dengan Xenia, khususnya soal daya angkut penumpang.

Baca Juga: Ditopang Sigra, Daihatsu Berhasil Pertahankan Posisi Dua Merek Terlaris Selama 12 Tahun Berturut-turut

"Kita menduga-duga Sigra 7-penumpang dan Xenia juga, (keduanya) sama-sama MPV, kalau dari harga Sigra memang terjangkau karena LCGC," ujar Hendrayadi dalam webiner yang diselenggarakan Daihatsu, Jumat (15/1/2021).

Hendrayadi membeberkan, daya beli masyarakat yang menurun akibat pandemi Covid-19 juga turut berpengaruh pada pilihan mobil yang akan dibeli konsumen. 

"Kebutuhan memang MPV 7-penumpang, tetapi mengingat income (pendapatan) di 2020 mengalami penurunan sehingga permintaan dan daya beli menurun. Mereka memilih model yang lebih terjangkau," tuturnya.

Ilustrasi Daihats Sigra
Daihatsu
Ilustrasi Daihats Sigra

Sebagai informasi, Daihatsu Grand New Xenia memiliki banderol mulai Rp 196,75 juta hinga Rp 240,65 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Sementara Daihatsu Sigra memiliki harga lebih murah, yang mana di 2021 ini dibanderol mulai  Rp 120,65 juta hingga Rp 163,4 juta OTR DKI Jakarta.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa