Perjanjian Resmi Diteken, Pembangunan Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Ditargetkan Berlangsung di 2021

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 14 November 2020 | 09:15 WIB
Ilustrasi jalan tol.
Dok. Kementerian PUPR
Ilustrasi jalan tol.

GridOto.com - Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen resmi ditandatangani di kawasan Candi Borobudur, Magelang pada Jumat (13/11/2020).

Penandatanganan dilakukan oleh PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB), yang merupakan entitas perusahaan baru dari konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memenangkan lelang proyek ini.

Terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) selaku pemegang saham mayoritas sebesar 60 persen, Adhi Karya (Adhi) sebesar 12,5 persen, Waskita Karya (WIKA) sebesar 12,5 persen, PT PP (Persero) sebesar 12,5 persen serta PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 2,5 persen.

Selain kedua perjanjian ini, dilakukan juga penandatanganan perjanjian regres antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Baca Juga: Perhatian! Tahun Ini Tarif Jalan Tol Japek II Akan Naik Jadi Segini

Basuki Hadimuljono, selaku Menteri PUPR mengatakan, hadirnya Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini akan mewujudkan jalur segitiga emas yang menghubungkan Jogja-Solo-Semarang (Joglo Semar).

Selain itu, jalan tol tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang pariwisata.

Penandatanganan perjanjian regres antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).
Dok. Jasa Marga.
Penandatanganan perjanjian regres antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

"Dengan adanya jalan tol ini, maka Joglo Semar akan menjadi satu kawasan yang terintegrasi satu sama lain. Infrastruktur ini akan dihubungkan dengan infrastruktur yang telah dibangun pada periode sebelumnya," ujar Basuki dalam siaran resmi Jasa Marga, Jumat (13/11/2020).

Menteri PUPR menambahkan, bahwa pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini untuk mempercepat waktu tempuh dari dan ke wilayah Semarang dan Yogyakarta.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa