Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Pernah Kesulitan Saat Cas Baterai Motor Gesits? Begini Caranya Yang Benar Menurut Pabrikan

Harun Rasyid - Senin, 16 November 2020 | 19:46 WIB
Motor listrik Gesits di dealer
Harun/GridOto.com
Motor listrik Gesits di dealer

GridOto.com - Sebagai sumber energi motor listrik Gesits, baterai tentu memegang peran penting agar Electric Mobility (ELMO) bisa tetap hidup dan berjalan ke arah tujuan.

Baterai motor Gesits sendiri, menggunakan jenis Li-ion berdaya 72 Volt yang membutuhkan waktu pengecasan selama 3 sampai 4 jam.

Namun apa jadinya jika baterai Gesits yang diklaim sanggup menempuh jarak hingga 50 kilometer ini, tidak bisa dicas saat dayanya habis.

Tri Hari, Direktur PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) selaku principal Gesits mengatakan, mengecas baterai Gesits perlu beberapa cara agar dayanya benar-benar terisi.

Baca Juga: Gesits Siapkan Motor Listrik Untuk Penyandang Disabilitas, Bakal Jadi Roda 3? Ini Jawabannya

"Untuk mengecas baterai Gesits, charger-jangan langsung dicolok ke baterai, tapi  harusnya charger-nya dulu yang dicolok ke stop kontak. Setelah itu tekan tombol switch buat menghidupkan charger, kemudian tunggu sekitar 20 detik sampai lampu indikator berwarna hijau," ujarnya kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

"Selanjutnya baru charger di colok ke soket baterai sampai indikator di baterai muncul warna merah. Cara ini dilakukan untuk mensinkronkan daya listrik sehingga baterai benar-benar mengecas," sambungnya.

Tombol switch di charger motor Gesits
Youtube
Tombol switch di charger motor Gesits


Tri mengungkapkan, baterai Gesits yang tidak bisa dicas bisa disebabkan kesalahan pemiliknya yang sembarangan menyolok charger listriknya.

"Pemilik Gesits pernah ada yang enggak bisa mengecas baterai motornya, padahal charger sudah dicolok ke baterai. Setelah ditelusuri, ternyata chargernya di colok ke  stop kontak bercabang yang juga dipakai buat menyalakan TV, kulkas dan elektronik lain" ungkapnya.

Baca Juga: Motor Listrik Gesit Cicilan Mulai Rp 666 Ribu, Berikut Simulasi Kreditnya Buat Wilayah Jabodetabek

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa