Ini Tanggapan Para Pembalap Setelah Mencoba Aspal Baru Sirkuit Sentul, Harus Riset Ban Lagi?

Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 31 Oktober 2020 | 17:46 WIB
Begini komentar para pembalap setelah menjajal aspal baru di Sirkuit Sentul, perlu riset ban lagi?
Pradana/GridOto.com
Begini komentar para pembalap setelah menjajal aspal baru di Sirkuit Sentul, perlu riset ban lagi?

GridOto.com - Tidak hanya melakukan seremoni, pihak pengelola Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat juga mengundang beberapa pembalap untuk menjajal permukaan aspal baru mereka.

Yaitu Haridarma Manoppo yang menggunakan Toyota Yaris dan Alvin Bahar yang menggunakan Honda Jazz, keduanya menggunakan spesifikasi ITCR Max.

Ada juga Sunny T.S. yang menggunakan BMW E36 dengan spesifikasi ETCC 2000, serta Danny Setiawan yang merepresentasikan pembalap motor dengan menunggangi Yamaha R6.

Meskipun dilarang menggeber dengan maksimal akibat lapisan aspal yang masih belum keras, para pembalap langsung merasakan beberapa perbedaan, terutama dari segi grip ban.

Sirkuit Sentul Selesai Berbenah, Siap Kembali Gelar Balapan Internasional di Indonesia

"Pas belok itu terasa lebih lengket dan lebih stabil meskipun masih ada lapisan debunya, tapi kalau kondisi aspalnya sudah jauh lebih optimal, corner entry kami bisa lebih kencang," ujar Alvin Bahar, kepada GridOto.com, Rabu (28/10/2020).

Hal yang sama diuraikan oleh Danny Setiawan, yang mengaku bisa lebih pede saat membuka gas di tikungan dengan aspal baru tersebut.

“Ban belakang nggak geser-geser lagi di tikungan dan terasa permukaannya jauh lebih halus di suspensi, jadi saat nikung sekarang tinggal buka gas aja,” ujarnya.pada kesempatan yang sama.

Haridarma Manoppo menambahkan, permukaan aspal baru yang lebih halus tadi diperkirakan membuat umur ban jadi lebih panjang karena level degradasi yang berkurang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa