GeBer UKM: ORD Exhaust Bermula Dari Hobi Balap Melahirkan Produk Knalpot Lokal Siap Mendunia

Aditya Pradifta - Jumat, 30 Oktober 2020 | 17:50 WIB
Pendiri ORD Exhaust, Odi Rachmat dan rekannya Adhit K.
Aditya Pradifta
Pendiri ORD Exhaust, Odi Rachmat dan rekannya Adhit K.

GridOto.com – Nama ORD exhaust belakangan makin menjadi buat bibir bagi pelaku balap dan konsumen individual yang mau ganti urusan knalpot.

Berawal dari dunia balap nasional, baik touring maupun drag, Odi Rachmat (bos ORD Exhaust) menjadi support pada tim balap rekan-rekannya.

Bahkan kecintaannya pada dunia balap memotivasinya membuat sebuah mobil balap demi syarat kelulusan S1 di jurusan Teknik Mesin.

Full set knalpot ORD Exhaust
Aditya Pradifta
Full set knalpot ORD Exhaust
“Jadi brand ORD itu sebetulnya udah muncul dari 2001, fokusnya modifikasi mobil balap makanya dulu namanya ORD Engineering,” kata pria yang akrab disapa Odi.

“Cuma dari semua parts yang kami pakai yang bener-bener bisa diproduksi secara lokal konten adalah knalpot. Dari ORD Engineering kami terbitkanlah suatu produk knalpot. Itu fokusnya pada custom mobil-mobil balap inti dari tim kami atau tim temen,” sambung Odi memperjelas.

Produk lokal ini akhirnya resmi disahkan secara hukum pada tahun 2013 dan nama ORD Exhaust sendiri merupakan singkatan dari Optimum Research and Development.

ORD Exhaust resmi berdiri sejak 2013
Aditya Pradifta
ORD Exhaust resmi berdiri sejak 2013
“Ada becandaan yang muncul dan bilang ORD itu Odi Racing Development, padahal aslinya Optimum Research and Development,” ucapnya menukas.

“Dulu tahun 2006 itu kan udah gue jualin ya knalpot lewat forum-forum online. Itu pendapatan masih Rp 6 juta sampai Rp 8 jutaan per bulan. Waktu itu masih ragu akan fokus di sini atau kerja aja soalnya gue kan sempet lanjut kuliah ambil Magister Bisnis di UGM,” imbuh Odi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa