Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren: Gigi Pompa Oli Yamaha MT-25 Rawan Rontok, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Wisnu Andebar - Sabtu, 19 September 2020 | 12:05 WIB
Yamaha MT-25
Yamaha
Yamaha MT-25

GridOto.com - Yamaha MT-25 seken bisa jadi salah satu pilihan menarik bagi yang sedang mencari motor bekas (motkas) di kelas naked sport 250 cc.

Namun, buat yang ingin meminang versi telanjang dari YZF-R25 ini, sebaiknya memahami komponen di dalam mesin yang sering bermasalah.

Salah satu part jeroan mesin yang kerap mengalami kendala adalah gigi pompa oli.

Arjuna Kiki Gunawan, owner Warteg Racing Motosport (WRM) mengatakan, gigi pompa oli Yamaha MT25 ini rawan rontok atau patah.

Baca Juga: Seken Keren: Harga Sparepart Fastmoving Honda Odyssey Mulai Rp 40 Ribu, Biaya Servis Rutinnya Cuma Segini Sob!

"Kalau patah berakibat fatal, semua part dalaman mesin, mulai kruk as, metal, piston, dan kepala silinder bisa rusak," kata pemilik bengkel spesialis motor sport dan upgrade tersebut kepada GridOto.com belum lama ini.

Seperti diketahui, pompa oli berfungsi menyalurkan oli ke komponen-komponen yang ada di dalam mesin.

Pompa oli Yamaha MT-25
Wisnu/GridOto.com
Pompa oli Yamaha MT-25

"Ketika gigi pompa oli rontok, otomatis suplai oli enggak ada, habis semua bagian mesin," terang pria yang akrab disapa Kang Black itu.

Ia mengungkapkan, kasus seperti ini sudah sering ia tangani di bengkelnya yang berlokasi di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Seken Keren: Panduan Servis Besar Honda Odyssey di Bengkel Spesialis, Tiap 20.000 Km Ganti Oli Transmisi!

"Saya menemukan kasus seperti ini sudah empat kali, penyebabnya biasanya sering stop and go dan digas secara spontan," tuturnya.

Biasanya gigi pompa oli yang rusak ditandai dengan mesin yang awalnya terdengar halus, mendadak suara jadi kasar dan tarikan jadi berat.

"Jadi gigi pompa oli yang terbuat dari plastik ini enggak kuat buat narik oli ketika gas dihentak, jadinya patah," papar Kang Black lagi.

"Sebaiknya bawa motornya jangan terlalu kasar dan jangan sering dihentak, biar gigi pompa olinya awet," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa