Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nekat ke Kota Surabaya Pakai Motor Knalpot Brong? Siap-siap 'Disikat' Polisi, Sudah Segini yang Ditindak Selama Agustus 2020

Ditta Aditya Pratama - Minggu, 30 Agustus 2020 | 21:38 WIB
Ilustrasi penindakan knalpot brong dipotong gergaji
Tribunmadura.com/ALi Hafidz Syahbana
Ilustrasi penindakan knalpot brong dipotong gergaji

GridOto.com - Buat pengguna motor yang masih menggunakan knalpot brong di Kota Surabaya, sebaiknya segera mengganti dengan yang standar.

Sebab polisi enggak segan langsung mengangkut motor hingga kantor polisi dan baru boleh dibawa pulang kalau sudah pakai knalpot standar.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra, mengatakan ketegasan ini bukan hanya agar masyarakat patuh terhadap ketentuan hukum undang-undang lalu lintas. Namun agar masyarakat dapat menghargai sesama pengguna jalan lainnya.

Sejak pertama kali digelar penindakan, 1 Agustus, sampai saat ini total sudah ada 619 kendaraan yang diamankan dan ditindak tegas.

Baca Juga: Belum Ada Sepekan Operasi Patuh 2020 Berakhir, Pengguna Knalpot Brong Mulai Berkeliaran Lagi, Kapan Kapoknya?

"Knalpot brong ini kan sangat menganggu ketertiban warga. Kalau di jalan terus dipakai dengan kecepatan tinggi tentu suaranya sangat menganggu pengguna jalan lain. Apalagi kalau di kampung terus ada yang sedang sakit atau istirahat," tandas AKBP Teddy, Sabtu (29/8/2020).

Dari jumlah pelanggar, tercatat ada 78 anak-anak di bawah umur yang menggunakan motor knalpot brong.

Kemudian dominasi pelanggaran motor dengan knalpot brong ini dilakukan oleh warga berusia 17-30 tahun yang mencapai total 289 pelanggar.Sisanya usia rentan 30 hingga 56 tahun ke atas.

"Masyarakat kita belum semuanya sadar dalam membangun ketertiban berlalu lintas. Dari data saja sebenarnya cukup banyak masyarakat yang melanggar di usia produktif," tambah Teddy.

Baca Juga: Nekat Pakai Knalpot Brong di Trenggalek? Sia-siap Diciduk Polisi, Ada Aturannya Sob

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Surya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa