Pandemi Covid-19, Begini Kiat Aman Bepergian dengan Transportasi Umum dari Ahlinya

Laili Rizqiani - Minggu, 9 Agustus 2020 | 12:50 WIB
Pandemi Covi-19, Ahli kesehatan bagikan kiat aman bepergian dengan transportasi umum di masa Adaptasi kebiasaan Baru (AKB)
TribunJabar.id/Firman Suryaman
Pandemi Covi-19, Ahli kesehatan bagikan kiat aman bepergian dengan transportasi umum di masa Adaptasi kebiasaan Baru (AKB)

GridOto.com - Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih terjadi membuat banyak orang masih ragu untuk menggunakan transportasi umum seperti bus, taksi atau ojol.

Menanggapi hal ini, kalangan ahli kesehatan pun menyampaikan kiat aman bepergian dengan transportasi umum di masa adaptasi kebiasaan baru.

Melansir TribunJabar.id, Peneliti virologi dari Universitas Airlangga, Prof dr Chairul Anwar Nidom, mengatakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dijalankan agar aman saat menaiki kendaraan umum adalah selalu menggunakan masker.

Masker tetap menjadi cara yang sangat penting dilakukan saat harus beraktivitas di luar rumah, termasuk saat menggunakan taksi atau ojek online.

Baca Juga: Wali Kota Bekasi Sudah Beri Izin, Ojol Bisa Angkut Penumpang Lagi Mulai Hari Ini

Menurutnya, virus penyebab Covid-19 dapat menular lewat udara seperti virus flu, sehingga penggunaan masker harus benar dan terstandar.

Prof Nidom menjelaskan minimal menggunakan masker bedah agar bisa menepis virus yang terdapat di masker.

"Atau saat ini sudah ada bahan kain yang dilapisi dengan suatu bahan yang bisa menetralisir virus dan ukuran pori dari masker tidak boleh lebih dari 5 mikron. Dengan ketaatan masyarakat menggunakan masker, insyaallah virus bisa ditepis, apakah naik ojek atau taksi atau sedang kumpul dengan orang lain," katanya seperti dikutip dari TribunJabar.id, Sabtu (8/8).

Adanya transmisi virus melalui udara, lanjut Prof Nidom, membuat jaga jarak tidak banyak berpengaruh.

Baca Juga: Naik Ojol di Masa Transisi PSBB? Begini Cara Memilih Helm yang Aman Biar Tidak Tertular Virus

Jaga jarak dengan minimal satu meter diasumsikan penularan melalui droplet sebab lontaran droplet diperkirakan sejauh satu meter.

"Dengan diketahui penularanya bisa melalui udara, maka jarak berapapun akan bisa dijangkau oleh virus tersebut," ujarnya.

Untuk itu ia meminta agar masayarakat tidak meremehkan virus corona ini.

Hal senada juga ditegaskan oleh Peneliti Mikrobiologi Institut Teknologi Sumatera (Itera), Muhammad Asril yang menegaskan virus tidak dapat bertahan di udara dengan pertukaran udara yang bebas seperti saat mengendarai motor.

Baca Juga: Dibatasi 70 Persen, Seberapa Aman Naik Transportasi Umum di Tengah Pandemi?

"Virusnya itu akan bertahan di udara yang aliran pertukarannya terbatas. Jika kondisinya di ruang terbuka, resiko penularan cenderung rendah. Penularan melalui udara yang disampaikan oleh WHO adalah di dalam ruangan tertutup yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik," kata Asril.

Ia menambahkan, menggunakan layanan ojek online dipastikan aman selama penumpang dan pengemudi menggunakan masker.

Sementara untuk pengguna taksi, Asri menyarankan untuk mematikan AC dan membuka kaca serta menggunakan masker.

"Dengan cara tersebut seharusnya pertukaran partikel virusnya dengan udara akan bagus, viral load-nya akan berkurang," katanya.

Baca Juga: Tanggapi Wacana Ganjil Genap Motor, Asosiasi Ojol Beri Komentar Begini

Viral load, lanjut Asril ibarat jumlah partikel virus yang siap untuk menginfeksi. Selama viral load-nya rendah, maka virus akan sulit menempel pada reseptornya yang ada di nasofaring atau saluran pernapasan.

Penggunaan sekat pada taksi online juga menjadi cara yang kreatif untuk dapat mencegah penularan selama pertemuan langsung terjadi antara pengemudi dan penumpang.

Namun agar lebih aman, ia menyarankan agar kendaraan didisinfeksi secara rutin.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Pandemi Covid-19, Jangan Takut Naik Taksi atau Ojol, Ini Kiat agar Terhindar Covid-19 dari Ahlinya,

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : TribunJabar.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa