Seken Keren: Berpotensi Merusak Mesin, Jangan Coba-coba Kasih BBM Seperti Ini ke Nissan Serena C26

Naufal Shafly - Sabtu, 1 Agustus 2020 | 18:20 WIB
Nissan Serena C26 tipe Highway Star (HWS)
Kompas.com
Nissan Serena C26 tipe Highway Star (HWS)

GridOto.com - Nissan Serena C26 sejatinya merupakan mobil dengan mesin yang kuat, asalkan perawatannya tepat.

"Mesin sih sejauh ini aman-aman aja, kuncinya adalah servis rutin dan ganti oli," buka Ari Hidayat, Kepala Bengkel Spesialis Nissan, Jasmin Motor BSD, saat ditemui GridOto.com belum lama ini.

Agar mesin tetap prima, selain dengan perawatan rutin, Ari mengatakan pemilik jangan memberikan BBM jenis Premium ke Nissan Serena C26.

"Jangan sekali-kali pakai bensin Premium, karena dia kan standar RON minimumnya harus pakai RON 91, berarti dia harus pakai Pertamax (RON 92)," ungkap Ari.

Baca Juga: Seken Keren: Pilihan High MPV Harga di Bawah Rp 200 Juta, Auto Kelihatan Kayak Sultan!

Jika mengacu pada nilai RON yang direkomendasi pabrikan, itu berarti Nissan Serena juga tidak boleh menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90).

Berdasarkan pengalamannya beberapa tahun lalu, Ari mengatakan ada konsumennya yang mesin mobilnya tidak bisa hidup karena sering menggunakan BBM Premium.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata ada deposit carbon yang mengendap di ruang bakar, efek dari menggunakan BBM dengan oktan rendah.

Ilustrasi Mesin Nissan Serena C26
Rizky Septian/GridOto.com
Ilustrasi Mesin Nissan Serena C26

"Serena C26 kan mesin bensin tapi sistemnya direct injection, semprotan injectornya langsung ke ruang bakar. Jadi saat itu carbon-nya berkerak di ruang bakar, dan kebetulan keraknya nutupin nozzle injector, jadi mesinnya enggak bisa hidup," kata Ari.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa