Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahan Bakar Green Diesel D-100 Diuji Coba, Menteri Perindustrian: Suara Mesin Halus

M. Adam Samudra - Sabtu, 18 Juli 2020 | 11:16 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Humas Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

GridOto.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengklaim penggunaan bahan bakar green diesel 100% atau D-100 bisa menghasilkan performa mesin ramah lingkungan. 

Hal ini dibuktikan ketika menguji coba mobil jenis MPV yang telah mengonsumsi D-100 dari Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBDPO) produksi PT Pertamina.

"Saya menaiki mobil yang sudah diuji dengan bahan bakar D-100, dan hasilnya suara mesin halus. Ini sekaligus sosialisasi hasil uji coba pengolahan RBDPO 100 persen,” kata Agus di Jakarta, Sabtu (18/7/2020).

Untuk diketahui, RBDPO adalah minyak kelapa sawit atau CPO yang telah diproses lebih lanjut sehingga hilang getah, impurities dan baunya.

PT Pertamina mampu menghasilkan produk RBDPO 100 persen mencapai 1.000 barel per hari di fasilitas existing Kilang Dumai.

Baca Juga: Dikasih Modal Awal 15 Juta, 3 Modifikator Ditantang Bikin Konsep Gelis Terbaik

Melihat hal ini, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap keberhasilan pengembangan produk bahan bakar green diesel tersebut.

“Dengan proses yang dimulai sejak tahun 2019, kita sama-sama bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan anak negeri dan Pemerintah akan selalu mengawal Pertamina,” papar Agus.

Baca Juga: Gratis Berhadiah! NgoVi Bareng Pembalap Federal Oil Gresini Moto2, Ada Dimas Ekky Pratama Juga, Ini Jadwal dan Cara Daftarnya

“Keberhasilan ini mewujudkan teknologi produksi green diesel secara stand alone, dengan Katalis Merah Putih made in Indonesia,” sambungnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa