Penjualan di Juni 2020 Mulai Merangkak Naik, Berikut Rapor 5 Merek Terlaris Berdasarkan Data Gaikindo

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 17 Juli 2020 | 19:50 WIB
Ilustrasi. Perakitan mobil di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi. Perakitan mobil di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.


GridOto.com - Pasar otomotif roda empat Tanah Air perlahan mulai merangkak naik di Juni 2020 kemarin, setelah beberapa bulan kemarin mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama periode tersebut penjualan retail (dealer ke konsumen) kendaraan roda empat tercatat sebanyak 29.862 unit.

Terjadi kenaikan penjualan sebesar hingga 42 persen, jika dibandingkan dengan Mei 2020 lalu yang hanya membukukan angka retail sebesar 17.083 unit.

Begitu juga dengan angka wholesales (pabrik ke dealer) yang mengalami peningkatan sangat signifikan, seiring dengan mulai dibukanya aktivitas produksi yang dilakukan oleh sejumlah pabrikan.

Baca Juga: Rapor 20 Mobil dengan Wholesales Tertinggi di Mei 2020: Mitsubishi Xpander Bungkam Toyota Avanza, Triton Mengejutkan! 

Selama periode Juni 2020 kemarin berhasil mencatatkan angka wholesales sebesar 12.623 unit, atau mengalami kenaikan hingga mencapai 71 persen jika dibandingkan Mei 2020 lalu yang hanya tercatat sebanyak 3.551 unit.

Adapun posisi pertama merek terlaris masih dipegang oleh Toyota, yang berhasil menorehkan angka penjualan retail sebanyak 11.196 unit dan wholesales 3.705 unit.

Perakitan Mobil di Pabrik Toyota Karawang, Jawa Barat.
Dok. OTOMOTIF
Perakitan Mobil di Pabrik Toyota Karawang, Jawa Barat.

Lalu di posisi kedua merek terlaris ada Daihatsu yang berhasil membukukan angka penjualan retail sebanyak 5.558 unit dan wholesales 331 unit.

Dibuntuti Suzuki di posisi ketiga merek terlaris, dengan penjualan retail sebanyak 4.206 unit dan wholesales 2.755 unit.

Baca Juga: Rapor Penjualan LSUV Mei 2020: Hanya Toyota Rush dan DFSK Glory 560 yang Catatkan Wholesales, Sisanya Nihil 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : Gaikindo

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa