Street Manners: Antisipasi Bahaya Gejala Power Skids Saat Mengemudi

Radityo Herdianto - Senin, 13 Juli 2020 | 16:00 WIB
Pengemudi profesional melakukan manuver pengereman mobil dengan dan tanpa ESP® dari Bosch saat uji k
Radityo Herdianto
Pengemudi profesional melakukan manuver pengereman mobil dengan dan tanpa ESP® dari Bosch saat uji k

GridOto.com - Demi keselamatan diri sendiri dan orang lain, Anda harus bisa antisipasi gejala power skids yang terjadi saat mengemudi.

Dalam situasi apapun pengemudi dituntut untuk selalu fokus agar bisa mengantisipasi kejadian di sekitar selama mengemudi.

Salah satunya adalah bahaya gejala power skids yang bisa muncul terutama di kondisi jalan yang basah atau licin.

"Power skids bisa terjadi karena akselerasi mobil yang mendadak atau terlalu besar sehingga terjadi wheelspin di roda penggerak," terang Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta yang juga Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC) kepada GridOto.com.

Menurut Adrianto, dari efek wheelspin yang ditimbulkan, gejala power skids membuat pengemudi rentan kehilangan kontrol kendali dari mobil sehingga bisa menimbulkan bahaya.

Fitur Traction Control di Toyota Yaris terbaru
Advertorial
Fitur Traction Control di Toyota Yaris terbaru

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru! Ini Bedanya Spooring dan Balancing Ban Mobil

"Terutama sering terjadi saat sedang menyalip atau menikung, kalau mobil tergelincir tentu risiko tabrakan besar dan terjadi kecelakaan," tekan Adrianto.

Bukan berarti tidak bisa diatasi, Adrianto memberikan sedikit tips mengantisipasi gejala power skids sehingga bisa meminimalisir risiko kecelakaan.

"Jangan panik kalau merasa roda penggerak selip, langsung lepas pedal gas dan jangan injak pedal rem yang malah bisa memperparah mobil kehilangan kendali," jelas Adrianto.

Lanjut Adrianto, setelah dirasa ban mendapatkan traksi kembali, kendalikan setir sambil injak pedal gas secara perlahan untuk menjaga ritme arah laju mobil.

"Kalau mobil yang sudah ada fitur traction control bisa diaktifkan terus karena power skids bisa terjadi kapan saja," sebut Adrianto.

"Yang terpenting selalu cek kondisi ban mobil karena power skids berpotensi besar terjadi karena grip ban yang sudah tidak baik," tutup Adrianto.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa