Bukan Cuma Penjual, Pembeli Barang Sampah Juga Bisa Terseret Kasus Hukum Sob!

Harun Rasyid - Sabtu, 11 Juli 2020 | 09:23 WIB
Filter udara Avanza yang harganya enggak masuk akal di toko online
Tokopedia
Filter udara Avanza yang harganya enggak masuk akal di toko online

GridOto.com - Sebelum membeli sparepart original, masyarakat seringkali mengecek harga terlebih dulu di toko online seperti di Tokopedia, Bukalapak dan marketplace lainnya.

Padahal banyak barang sampah atau sparepart dengan kemasan original yang justru dijual dengan harga jauh lebih murah dengan yang dijual di bengkel resmi atau toko offline.

Sebab sparepart tersebut ternyata kebanyakan bukan benar-benar original melainkan barang bekas yang didaur ulang dan dikemas seperti produk baru atau biasa dibilang rebuild.

Selain rebuild, ada juga istilah genuine box (Gebox) yang hanya kemasannya saja yang mirip produk original tapi sparepartnya palsu.

Baca Juga: Barang Sampah Marak di Situs Belanja Online, Begini Tanggapan Daihatsu dan Mitsubishi

Eris Novansyah Gunawan, selaku pemilik bengkel spesialis Toyota, Anugerah Motor di Jakarta Pusat mengatakan, harusnya harga sparepart berkedok original jangan dijadikan patokan oleh konsumen.

"Banyak orang yang beli part original di bengkel protes, harganya kok beda jauh dengan yang di online. Padahal mereka enggak tahu harga sebenarnya di dealer atau bengkel resmi," ujar Eris saat dihubungi GridOto.com, Jumat (10/7/2020).

Filter udara berkedok original lelangan banyak beredar di toko online
Bukalapak
Filter udara berkedok original lelangan banyak beredar di toko online


"Kemarin ada yang minta kampas rem Toyota Corolla ori, saya kasih tau harganya Rp 550 ribu. Dia tahunya di online itu dijual Rp 300 ribu, saya akhirnya bilang silakan aja beli dan benar pas dibandingin beda barangnya," lanjutnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa