Harga Barang Sampah Enggak Masuk Akal di Situs Belanja Online, Pedagang Aksesori dan Sparepart: Konsumen Patut Curiga!

Naufal Shafly - Kamis, 9 Juli 2020 | 18:50 WIB
Ilustrasi. Barang Sampah.
GridOto.com
Ilustrasi. Barang Sampah.

GridOto.com - Tren membeli barang secara daring atau belanja online semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Di sektor otomotif, pembelian sparepart lewat situs e-commerce juga cukup digemari akhir-akhir ini untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Tetapi, pembelian sparepart atau suku cadang kendaraan lewat online bisa dibilang susah-susah gampang, karena banyak sekali ditemui oknum pedagang nakal yang menjual barang-barang 'sampah' di situs jual beli online.

Baca Juga: Ingat! Pedagang Suku Cadang yang Menjual Barang Sampah Bisa Dihukum

Yup, kami menyebutnya dengan istilah barang sampah, karena memang secara kualitas barang-barang tersebut harusnya sudah menjadi sampah tapi masih dijual oleh oknum pedagang online.

Supaya enggak salah paham, kami jelaskan dulu apa sih pengertian barang sampah yang dimaksud di sini.

Barang sampah merujuk pada sparepart reject, atau rebuild yang dijual oknum pedagang, tapi dengan embel-embel barang baru, black market, lelang, gebox (genuine box), dan lain sebagainya.

Selain itu, penjual tidak membarenginya dengan deskripsi produk yang jelas atau mengaburkan informasi mengenai barang tersebut dengan menuliskan deskripsi 'manis' agar konsumen tertarik.

Baca Juga: Beli Spare Part Secara Online Dapatnya Barang Sampah, YLKI : Market Place Wajib Tanggung Jawab

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa