Siap Lebarkan Sayap, Kemenhub Target Teman Bus Beroperasi di 5 Kota Agustus 2020 Mendatang

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 2 Juli 2020 | 18:20 WIB
Teman Bus (Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman) dari Kemenhub.
Istimewa.
Teman Bus (Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman) dari Kemenhub.

GridOto.com - Setelah beroperasi untuk pertama kalinya di kota Palembang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Teman Bus (Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman) untuk beroperasi di empat kota lainnya hingga Agustus 2020 Mendatang.

Teman Bus merupakan bagian dari program Buy The Service (BTS) dengan mekanisme lelang berbasis standar pelayanan minimal (SPM), untuk penataan angkutan massal di daerah.

Adapun keempat kota lainnya yang akan mengoperasikan Teman Bus adalah Medan dengan tersedia sebanyak 5 koridor, Surakarta 4 koridor, Yogyakarta 3 koridor, dan Denpasar 4 koridor.

Budi Setiyadi, selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat mengatakan, untuk waktu dekat ini pihaknya akan peluncuran Teman Bus di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga: Mau ke Jakarta Masih Perlu SIKM atau Tidak? Ini Komentar Kemenhub 

"Pada 4 Juli (2020) ini kami siapkan peluncuran tahap 2 di Surakarta," kata Budi dalam siaran resmi yang dikirimkan Ditjen Perhubungan Darat, Rabu (1/7/2020).

Budi menjelaskan, pemerintah saat ini mensubsidi 100 persen biaya operasional kendaraan yang diperlukan sehingga masyarakat dapat menikmati Teman Bus dengan gratis. 

"Subsidi ini agar layanan angkutan juga dapat melaksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan. Selain itu kami harapkan karena tanpa biaya, gratis, maka dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat," tutur Budi.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan dalam penggunaan Teman Bus pelanggan juga akan dipermudah dengan jalur akses melalui website, sosial media dan call centre, serta aplikasi mobile.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa