Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Kena Ganjil Genap?

Tanggapi Wacana Ganjil Genap Motor, Asosiasi Ojol Beri Komentar Begini

Harun Rasyid - Rabu, 1 Juli 2020 | 21:09 WIB
Ilustrasi driver ojol mengirimkan pesanan barang
grab
Ilustrasi driver ojol mengirimkan pesanan barang

GridOto.com - Wacana Ganjil Genap (Gage) untuk kendaraan roda dua memang sempat diutarakan Anies Baswedan di masa PSBB beberapa waktu lalu.

Walau belum terlaksana, Gage untuk motor ini diyakini bakal punya efek yang besar dalam pergerakkan masyarakat dalam hal transportasi, salah satunya bagi para pengguna ojek online (ojol).

Selain itu jika wacana ini berlaku, para driver ojol yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta juga bakal mengalami hambatan karena tidak bisa menggunakan motornya setiap hari seperti biasanya.

Igun Wicaksono, selaku Ketua Presidium Nasional asosiasi ojol Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) menyatakan ketidaksetujuannya jika wacana Gage motor benar jadi diterapkan.

Baca Juga: Ganjil- Genap Motor di Masa PSBB Transisi Jakarta, Dirlantas Polda Metro Komentar Gini

"Pastinya kami tidak setuju dan menentang kebijakan yang diwacanakan Gubernur DKI Jakarta ini. Setidaknya kebijakan ganjil genap untuk motor ini nantinya tidak berlaku bagi para driver ojek online," ujar Igun saat dihubungi GridOto.com, Rabu (1/7/2020).

Ia mengungkapkan, tidak hanya dalam hal mengangkut penumpang, Gage untuk motor juga bakal menghambat layanan lain yang biasa dimanfaatkan masyarakat.

Ilustrasi pemeriksaan kendaraan saat aturan ganjil genap diberlakukan.
Tribunjakarta.com / Gerald Leonardo Agustino
Ilustrasi pemeriksaan kendaraan saat aturan ganjil genap diberlakukan.


"Kami sebagai pelayan transportasi tumpangan (ride hailing) dan pengiriman barang, maupun pesan antar makanan tidak setuju apabila ada kebijakan ganjil genap pada sepeda motor di DKI Jakarta," sebut Igun.

Igun menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus menimbang kembali dampak dari wacana tersebut.

Baca Juga: Sempat Turun Akibat Pandemi Covid-19, Wacana Ganjil Genap Motor di Jakarta Bikin Penjualan Motor Bekas Meningkat

"Pesan untuk Pemprov DKI Jakarta, ganjil genap motor akan mengurangi pendapat para driver ojol yang juga bagian dari warga Jakarta. Selain itu masyarakat juga banyak sekali yang butuh ojol untuk berbagai keperluan dan kegiatan lainnya," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa