Pasang Relay Buat Klakson Aftermarket di Motor, Segini Biayanya

Muhammad Farhan - Jumat, 26 Juni 2020 | 16:40 WIB
Ilustrasi relay kelistrikan
Ilustrasi relay kelistrikan

GridOto.com – Pasang relay tambahan buat klakson aftermarket di motor, segini estimasi biayanya termasuk pemasangan di bengkel spesialis kelistrikan.

Karena fungsinya untuk mengatur dan menstabilkan arus listrik dari aki ke klakson, pasang relay tambahan wajib dilakukan.

Selain berlaku buat pasang klakson aftermarket, pasang relay tambahan ini juga diwajibkan saat pasang perangkat seperti lampu tambahan di motor.

“Pasang relay tambahan ini kami tawarkan model satuan atau satu set, tergantung kebutuhan atau perangkat tambahan yang terpasang,” jawab Topik, bengkel spesialis kelistrikan Barokah Service, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Banyak Yang Bingung, Apa Bedanya Oli Mesin Motor Mineral Dengan Sintetik?

Nah kalau hanya model satuan seperti pasang klakson aftermarket, biayanya hanya sekitar Rp 100 ribu sudah termasuk pasang.

“Rinciannya 1 relay Rp 55 ribu tambah part dan kabel Rp 35 ribu dan jasa pasang Rp 30 ribu,” lengkapnya.

Contoh pemasangan fog lamp dan klakson di Yamaha R25
Rizky
Contoh pemasangan fog lamp dan klakson di Yamaha R25

Sedangkan untuk satu set relay, pilihan ini bisa diterapkan buat kalian yang pasang klakson aftermarket dan modifikasi atau pasang lampu tambahan.

“Relay satu set ini terdiri dari 4 relay, setiap relay dipakai buat perangkat berbeda seperti 1 untuk klakson dan 3 lainnya buat perangkat kelistrikan atau lampu tambahan,” jelas Topik.

Baca Juga: Honda BeAT Mendadak Berat Sebelah Saat Belok? Ternyata Ini Penyebabnya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa