Sering Bangun Infrastruktur Transportasi, Kemenhub Ingin Ada Tolok Ukur Dampak Baik Buruknya

Gayuh Satriyo Wibowo - Kamis, 25 Juni 2020 | 10:35 WIB
Ilustrasi Tol Trans Sumatera
Dokumentasi Kemntrian PUPR
Ilustrasi Tol Trans Sumatera

GridOto.com - Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir menggencarkan pembangunan infrastruktur penunjang transportasi.

Sebut saja Tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera, hingga pembangunan jalan tol di Pulau Kalimantan.

Merekapun menginginkan adanya feedback atas hasil pembangunan tersebut.

Melansir Dephub.go.id, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama sejumlah akademisi dari beberapa perguruan tinggi berkolaborasi membahas metode yang dapat mengukur dampak pembangunan infrastruktur transportasi terhadap perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Tol Baru Sepanjang 60 Km di Kalimantan Timur Segera Dibangun, Terhubung ke Ibu Kota Negara Baru

"Harus ada indikator yang digunakan untuk mengukur pembangunan infrastruktur transportasi tersebut benar-benar memberikan manfaat positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahterahan masyarakat," ujar Menhub, Budi Karya Sumadi, Rabu (24/6).

Hal tersebut disampaikannya saat membuka webinar yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) dan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenhub dengan tema 'Metode Pengukuran Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Transportasi Terhadap Perekonomian'.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat membuka webinar yang diselenggarakan Balitbanghub dan Itjen Kemenhub, Rabu (24/6)
Kementerian Perhubungan
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat membuka webinar yang diselenggarakan Balitbanghub dan Itjen Kemenhub, Rabu (24/6)

Ia menyebutkan, menurut arahan Joko Widodo selaku Presiden Indonesia, bahwa dalam bekerja tak hanya menjalankan tugas saja namun juga harus dipastikan manfaatnya dapat tercapai.

"Jadi bukan hanya sekedar terpenuhi atau hanya sent tapi juga harus delivered (dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat),” jelas Menhub.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Dephub.go.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa