Pabrikan Sayangkan Banyak Konsumen LCGC yang Masih Nakal Gunakan BBM Berkualitas Rendah

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 23 Juni 2020 | 19:00 WIB
Tulisan rekomendasi oktan bensin minimal yang ada di belakang salah satu kendaraan LCGC, Toyota Calya.
Pradana/GridOto.com
Tulisan rekomendasi oktan bensin minimal yang ada di belakang salah satu kendaraan LCGC, Toyota Calya.

GridOto.com - Mobil murah ramah lingkungan atau LCGC, pertama kali diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan dengan harga yang terjangkau namun memiliki emisi rendah.

Oleh karena itu para pabrikan pun merekomendasikan bensin yang lebih bersih, seperti bensin dengan nilai RON 92 seperti Pertamax sebagai batas minimal untuk mobil LCGC mereka.

Namun nyatanya, masih banyak pengguna LCGC yang mengisi mobil mereka dengan bensin yang lebih terjangkau seperti bensin dengan Premium (RON 88) atau Pertalite (RON 91).

Banderol Pertamax yang dirasa terlampau mahal menjadi alasan mereka tidak menaati anjuran yang ditetapkan oleh para pabrikan.

Baca Juga: Ini Hitungannya Kenapa Harga Bensin di Indonesia Paling Mahal!

Yusak Billy, selaku Business Innovation and Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) yang memproduksi LCGC Brio Satya mengatakan, dirinya menyayangkan fenomena tersebut.

Ia mengatakan, penggunaan bensin yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan dapat menimbulkan efek yang kurang baik pada mesin kendaraan dalam pemakaian jangka panjang.

“Performa mesin akan menurun dan emisi gas buang memburuk, dalam jangka panjang juga dapat membuat usia mesin menjadi pendek karena adanya kerusakan komponen,” ujarnya kepada GridOto.com (23/6/2020).

Sentimen serupa diutarakan oleh Anton Jimmi Suwandy, selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) yang memproduksi LCGC Agya dan Calya.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Wajib Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan

“Karena pada dasarnya, penggunaan bensin yang sesuai rekomendasi akan lebih positif efeknya baik untuk performa maupun perawatan,” ujarnya kepada GridOto.com (23/6/2020).

Maka dari itu, ia menyarankan para pemilik kendaraan LCGC untuk mengisi bensin sesuai dengan rekomendasi minimal mereka, yaitu bensin RON 92.

Namun ia menyadari bahwa tidak semua pengguna LCGC absen menggunakan bensin RON 92 untuk menghemat biaya.

“Faktor ketersediaan bahan bakar yang berbeda-beda di semua daerah, juga ada. Tapi penggunaan bahan bakar sesuai peruntukan tentu akan lebih baik,” pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa