Penjualan Merosot, Ribuan Karyawan Jaguar Land Rover Terancam PHK, Sampai CEO Dikabarkan Bakal Mengundurkan Diri

Ahyan Putra - Selasa, 16 Juni 2020 | 20:50 WIB
Ribuan Karyawan Jaguar Land Rover Terancam PHK
Reuters.com/Michaela Rehle
Ribuan Karyawan Jaguar Land Rover Terancam PHK


GridOto.com - Perusahaan asal India, Tata Motors berencana untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak 1.100 karyawan di bawah merek Jaguar Land Rover (JLR).

Hal tersebut dilakukan untuk memangkas anggaran perusahaan dan meningkatkan efisiensi biaya produksi akibat dari penjualan yang merosot imbas Pandemi Covid-19.

Dilansir dari Reuters.com, Chief Financial Officer Tata Motors India, PB Balaji mengatakan bahwa pihaknya akan menghemat sekitar 5 miliar Pound Sterling atau sekitar Rp 89,3 triliun pada Maret 2021 di unit JRL (kurs 1 Pound Sterling = Rp 17.843,09 per Selasa, 16/6/2020).

Sementara saat ini, pemangkasan biaya sudah mencapai 3,5 miliar pound Sterling atau sekitar Rp 62,5 triliun.

Baca Juga: PO Bus NPM Tak Beroperasi Selama Dua Bulan, Coba Bertahan Agar Sopir dan Karyawan Tak Di-PHK

Penghematan biaya ini juga akan berdampak pada belanja modal untuk merek JLR menjadi 2,5 miliar pound Sterling atau setara Rp 44,6 triliun pada tahun fiskal 2020.

Jumlah ini turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni mencapai lebih dari 3 miliar pound Sterling atau 53,5 triliun .

"Menghemat uang, memprioritaskan belanja modal, dan menargetkan pengeluaran investasi untuk area yang tepat menjadi fokus kami," kata Balaji dikutip dari Reuters.com.

Selain itu, Tata Motors mencatat kerugian bersih pada kuartal keempat mencapai 98,94 miliar rupee atau sekitar Rp 18,3 triliun karena adanya lockdown di seluruh pasar mereka sehingga merusak penjualan, termasuk di merek JLR (kurs 1 Rupee = Rp 185,59 per Selasa, 16/6/2020).

Baca Juga: Kisah Sedih, Korban PHK, Gadai New BeAT Untuk Keperluan Sehari-Hari

Bahkan Chief Executive Officer (CEO) JLR Ralf Speth, yang telah memimpin perusahaan sejak 2010 dikabarkan akan mengundurkan diri.

Speth akan turun dari jabatannya setelah masa kontrak kerja berakhir pada bulan September 2020.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Reuters.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa