Penggunaan Sekat Partisi Diwajibkan Bagi Para Driver Ojek Online? Begini Kata Kemenhub

M. Adam Samudra - Selasa, 16 Juni 2020 | 17:50 WIB
Driver gojek pakai partisi
GridOto.com
Driver gojek pakai partisi

GridOto.com - Banyak cara yang disiasati driver ojek online (ojol) untuk tetap beroperasi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang terjadi saat ini.

Salah satunya dengan menggalakan penggunaan sekat partisi yang membatasi antara driver dan penumpangnya.

Sekat yang digunakan terbuat dari bahan akrilik, dan diharapkan bisa mengurangi kontak langsung terutama saat berkendara.

Lantas, apakah sekat partisi tersebut diwajibkan bagi para driver ojek online?

Baca Juga: Boleh Angkut Penumpang, Driver Ojol Ini Malah Waswas Karena Masih Banyak yang Cuek dengan Protokol Kesehatan

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi pun berikan penjelasan.

"Enggak diwajibkan. Sifatnya adalah pilihan. Tapi walaupun pilihan ini dari aplikator sendiri yang artinya mereka sadar bahwa itu sangat dibutuhkan untuk membangun kepercayaan masyarakat untuk kembali menggunakan ojol. Jadi mereka suport betul terhadap itu," kata Budi kepada GridOto.com, Selasa (16/6/2020).

Budi menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengenai keamanan sekat tersebut.

"Dimana materialnya itu sudah kami konsultasikan ke mereka. Material dipilih yang tidak berbahaya bagi pengemudi maupun penumpangnya. Jadi dalam pembahasan tersebut partisi itu berbentuk aerodinamis sehingga dapat melindungi penumpangnya," ucapnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa