Jangan Selalu Biarkan Filter Solar Mobil Diesel Kotor, Ini Akibatnya

Radityo Herdianto - Kamis, 28 Mei 2020 | 10:00 WIB
Menilik spek pabrikan, mesin turbo diesel commonrail 2.500 cc
jip.gridoto.com
Menilik spek pabrikan, mesin turbo diesel commonrail 2.500 cc

GridOto.com - Bagi pengguna mobil dengan mesin diesel, part filter diesel atau lebih dikenal dengan filter solar wajib diganti secara rutin.

Filter solar terus menyaring partikel kotoran selama mesin bekerja untuk menjaga bahan bakar yang masuk ke sistem pembakaran mobil diesel tetap bersih.

Kalau filter solar sudah kotor sebaiknya segera diganti karena bisa membawa dampak buruk bagi mesin diesel jika dibiarkan kotor.

"Filter solar kalau sudah kotor otomatis kemampuan menyaring kotorannya menurun, bahaya buat mesin diesel common rail," tekan Hans Steven, pemilik bengkel Speed'Z Performance Tangerang kepada GridOto.com.

Lanjut Hans, karena kapasitas tampungan kotoran di dalam filter sudah mencapai titik jenuh sehingga tidak mampu menyaring kotoran yang terus melewati filter.

Ilustrasi Filter Solar
Ilustrasi Filter Solar

Baca Juga: Cek Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal, Bagian Ini Wajib Diperhatikan

"Adanya kotoran yang lolos sampai masuk ke saluran common rail lama-lama bisa jadi kerak yang menyumbat sirkulasi bahan bakar," ujar Hans.

Tidak hanya itu, injektor mesin diesel bisa menjadi mampet karena adanya kotoran yang lolos sampai ke bagian valve injector.

"Pengabutan bahan bakar jadi tidak sempurna, mesin jadi ngelitik bahkan ngadat dan tenaga drop," sebut Hans.

Bahaya lain jika daya saring filter solar menurun adalah kandungan air dari bahan bakar diesel busuk yang bisa masuk ke ruang bakar dan menyebabkan water hammer.

"Karena filter kertasnya sudah penuh kotoran, tidak bisa menyerap kandungan air, akhirnya lolos dan bisa ikut kebakar di ruang mesin," tegas Hans.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa