Pemerintah Dituntut Adil. Kalau Sekarang Harga BBM Tidak Bisa Diturunkan, Ya Nanti Enggak Boleh Dinaikkan

Naufal Shafly - Jumat, 22 Mei 2020 | 21:00 WIB
Ilustrasi pembelian BBM di SPBU Pertamina
Anton/GridOto
Ilustrasi pembelian BBM di SPBU Pertamina

GridOto.com - Pemerintah hingga saat ini tak kunjung menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia.

Padahal, hampir seluruh negara di dunia telah menurunkan harga BBM mereka, sesuai dengan anjloknya harga minyak mentah dunia akibat Pandemi Covid-19.

Menurut Tulus Abadi, Ketua Umum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), jika memang pemerintah tidak mau menurunkan harga BBM, maka harusnya pemerintah bersikap adil.

"Kalau sekarang harga BBM tidak turun, pemerintah harus menjamin bahwa saat nanti harga minyak mentah dunia naik, maka harga BBM dalam negeri tidak boleh naik. Harus fair!" ucap Tulus dalam acara diskusi virtual, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga: Harga BBM di Indonesia Harus Turun, Tapi Jangan Semurah Kacang Goreng!

Menurutnya, selisih harga yang saat ini ada, harus bisa dikelola dengan baik untuk menjamin BBM tidak akan naik saat harga minyak mentah dunia melambung.

"Selisih harga yang sekarang, kalau itu bukan karena penugasan politik dan segala macam, maka harus ditabung untuk dana minyak, jadi kalau nanti minyak dunia naik lagi, maka BBM tidak boleh naik," jelasnya.

Tulus menambahkan, pemerintah saat ini harus menghitung secara adil terkait berapa harga BBM yang pas di tengah situasi saat ini.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Stok BBM Aman di Jalur Tol Trans Jawa

"Harus bikin harga yang fair itu berapa kira-kira? fair dalam arti pertimbangan daya beli, meskipun kalau pengguna pribadi harusnya sudah tidak ada pertimbangan daya beli lagi," imbuhnya.

"Tapi harus mempertimbangkan aspek lingkungan, aspek Energi Baru Terbarukan (EBT), dan aspek transportasi khususnya untuk kota-kota besar," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa