Ada Pengendalian Transportasi, Jasa Marga Ungkap Volume Kendaraan yang Meninggalkan Jakarta Lewat Tol Menurun

Harun Rasyid - Minggu, 26 April 2020 | 20:05 WIB
Ilustrasi kemacetan di ruas tol Jakarta - Cikampek (1/6/2019).
Naufal Shafly/GridOto.com
Ilustrasi kemacetan di ruas tol Jakarta - Cikampek (1/6/2019).

GridOto.com - Sejak hari pertama pemberlakuan pengendalian transportasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat adanya penurunan lalu lintas yang meninggalkan Jakarta pada sejumlah gerbang tol (GT) dan ruas tol.

Pengendalian transportasi di jalan tol selama masa mudik Idul Fitri 1441 H telah diberlakukan sejak Jumat (24/04/2020).

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga mengatakan, arus lalu lintas yang meninggalkan Jakarta menurun jika dibandingkan dengan hari Kamis, (23/04/2020).

"Penurunan terlihat di sejumlah gerbang tol maupun jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group, yaitu Cikampek Utama 1, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang," ujar Heru dalam keterangan resminya, Sabtu (25/4/2020).

Baca Juga: Ada Empat Titik Pengendalian Transportasi di Jalan Tol Jasa Marga, Melanggar Siap-siap Putar Balik, Ini Lokasinya!

"Lalu gerbang Tol Cikupa di Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak dan gerbang Tol Ciawi di Jalan Tol Jagorawi," tambahnya.

Pada GT Cikampek Utama 1, ada 11.355 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju Timur atau Tol Trans Jawa, angka tersebut menurun 59 persen dari hari sebelumnya.

Tindakan pengendalian transportasi di ruas tol
Istimewa
Tindakan pengendalian transportasi di ruas tol


Kemudian di titik kedua yaitu GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, tercatat 9.977 kendaraan meninggalkan Jakarta ke arah Timur atau Bandung dan Cileunyi.

Angka tersebut menunjukkan penurunan sebanyak 40 persen jika dibanding Kamis (23/4/2020) lalu.

Lalu di GT Cikupa Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak, terhitung 20.333 kendaraan tinggalkan Jakarta menuju Barat, jumlah ini turun 37 persen dari hari sebelumnya.

Baca Juga: Jelang PSBB Gresik, 54 Titik Check Point Diusulkan, Mulai Exit Tol Sampai Jalan Pintas Bakal Ditutup Sementara

Selanjutnya pada GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi ada 12.134 kendaraan meninggalkan Jakarta, angka tersebut turun 36 persen ketimbang hari sebelumnya.

Heru menjelaskan, pihaknya berharap masyarakat taat dengan aturan atau regulasi larangan mudik.

"Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar menaati peraturan yang ditetapkan Pemerintah, terkait pelarangan mudik untuk menekan penyebaran Covid-19," tutup Heru.

Heru menambahkan, demi mengetahui informasi jalan tol yang dikelola Jasa Marga, masyarakat dapat mengakses Call Center 24 jam Jasa Marga di 14080.

Baca Juga: Dalam Dua Hari, Sudah Hampir 500 Pemudik yang Ingin Keluar Bali Dibikin Putar Arah oleh Satlantas Polres Jembrana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa