Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dihantam Pandemi Covid-19, Penjualan Mobil di Tanah Air 'Terjun Bebas', Catatkan Rapor Merah Selama Kuartal Pertama 2020

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 22 April 2020 | 19:50 WIB
Ilustrasi. Pameran mobil di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)
GIIAS
Ilustrasi. Pameran mobil di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)

GridOto.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis rapor penjualan mobil nasional selama kuartal pertama (Januari-Maret) tahun ini.

Secara total, penjualan mobil di Tanah Air selama periode tersebut memperoleh angka retail (dealer ke konsumen) 219.361 unit.

Terjadi penurunan sebesar 15,9 persen jika dibandingkan periode yang sama di 2019 kemarin, yang berhasil mengumpulkan angka sebesar 260.804 unit.

Baca Juga: Jokowi Prediksi Pandemi Virus Corona Selesai Akhir Tahun, Gaikindo: Ada Kemungkinan Target Penjualan Kami Turunkan Lagi

Begitu juga dengan wholesales (pabrik ke dealer) yang angkanya terkoreksi sebesar 7,2 persen atau turun menjadi 236.825 unit, dari periode yang sama di 2019 yang mengumpulkan 255.191 unit.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung dalam beberapa bulan terakhir disinyalir menjadi penyebab utama melambatnya penjualan kendaraan roda empat di pasar domestik.

Tabel penjualan mobil di Tanah Air secara retail.
Dok. Gaikindo
Tabel penjualan mobil di Tanah Air secara retail.

Dari total 33 pabrikan yang meramaikan, hampir seluruhnya mencatatkan 'rapor merah' di kuartal pertama tahun ini.

Gaikindo juga telah memangkas target tahunan mereka sebesar 40 persen, dari semula 1.050.000 unit menjadi 600.000 unit di 2020 ini.

Baca Juga: Penjualan Diprediksi Turun Drastis Tahun Ini, Gaikindo Revisi Target, Relakan Puncak Penjualan yang Biasa Terjadi Saat Lebaran

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa