Mengenal Honda Dio, Skutik 2 Tak Langka di Pasar Motor Tanah Air

Yuka Samudera - Rabu, 15 April 2020 | 19:38 WIB
Honda Dio AF28 garapan Tole Motorworks.
Tole Motorworks
Honda Dio AF28 garapan Tole Motorworks.

GridOto.com - Honda Dio adalah salah satu lini skutik 2 tak keluaran Honda yang sangat jarang ditemui di Indonesia.

Bukan tanpa alasan karena skutik ini tidak dijual langsung oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Mengingat saat itu medio awal 2000-an motor matik 2 tak didominasi oleh Kymco atau Jialing.

Nah beruntung bagi beberapa pemilik Honda Dio 2 tak, tentu menjadi salah satu collector item khususnya bagi para penggila motor 2 tak.

"Honda Dio sendiri sebenarnya banyak versi. Tiap negara punya ciri khasnya sendiri. Yang sering saya temui di Indonesia kebanyakan dari pasar China. Ada juga Honda Dio yang untuk pasar India atau US misalnya, tapi yang lebih lumayan dikenal ya versi pasar Asia khususnya China," ujar Tole selaku owner Tole Motorworks.

Honda Dio ZX.
Istimewa
Honda Dio ZX.

Honda Dio sendiri memiliki banyak versi, dan ada kode khusus setiap versinya.

"Jadi Honda Dio ini banyak modelnya mas. Meski mesinnya 2 tak 50cc, tapi urusan upgrade atau facelift lumayan banyak. Nah kalau enggak salah ada 17 model semuanya ditandai dengan kode AF. Kaya yang saya restorasi ini versi Honda Dio AF28," pungkas Tole.


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa