Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bantu Stok Darah PMI di Tengah Wabah Corona, Komunitas Honda ADV Indonesia Chapter Jakarta Lakukan Donor Darah

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 15 April 2020 | 16:05 WIB
Salah satu member HAI Chapter Jakarta yang melakukan aksi donor darah
HAI Chapter Jakarta
Salah satu member HAI Chapter Jakarta yang melakukan aksi donor darah

GridOto.com - Honda ADV Indonesia (HAI) Chapter Jakarta melalui divisi S.S.R (Sosial, Safety, Rescue) tergerak untuk melakukan aksi donor darah.

Namun, kali ini aksinya berbeda dengan yang biasa dilakukan.

Mengingat tidak memungkinkannya melakukan pengumpulan massa karena adanya intruksi pemerintah terkait pembatasan sosial bersekala besar (PSBB)

Oleh karena itu, HAI Chapter Jakarta menetapkan waktu pendonoran darah selama lima hari terhitung mulai tanggal 10 sampai 15 april 2020.

Baca Juga: Seru Abis! Community Meet Up Bersama Honda ADV Indonesia Chapter Jakarta

HAI Chapter Jakarta mengimbau para membernya untuk mendonorkan darah di PMI masing-masing wilayah dengan tidak membuat tikum atau titik kumpul.

Imbauan donor darah ini juga dimanfaatkan oleh kepengurusan HAI Chapter Jakarta untuk memberikan penghargaan bagi member yang belum memiliki NRA atau teregistrasi menjadi member resmi HAI Chapter jakarta.

Penghargaan ini akan diberikan setelah melakukan donor darah,  maka otomatis member akan langsung mendapatkan NRA serta menjadi member resmi.

Baca Juga: Komunitas Honda ADV Indonesia Chapter Jakarta, Berawal dari Penat

Proses mendapatkan NRA yang kalau biasanya harus melakukan kopdar selama dua kali atau touring satu kali, kini dapat digantikan dengan acara donor darah tersebut.

HAI Chapter Jakarta menempatkan PIC di tiap tiap PMI wilayah, seperti di PMI Jakarta Barat ada Bro Putut, PMI Jakarta Selatan ada Bro Nissin, PMI Jakarta Pusat ada Bro Angga, dan PMI RSPAD ada Bro Panca.

Program donor darah komunitas Honda ADV Indonesia Chapter Jakarta
HAI Chapter Jakarta
Program donor darah komunitas Honda ADV Indonesia Chapter Jakarta


HAI Chapter Jakarta melalui Divisi S.S.R-nya juga akan membuat kegiatan ini lebih serius dengan membuat group donor darah.

Baca Juga: Bukan Cuma Turing, Komunitas Honda ADV Indonesia Juga Adakan Kegiatan Sosial

Diharapkan ketika ada kebutuhan darah yang urgent dari masyarakat maupun member HAI Chapter Jakarta, komunitas ini sudah memiliki database-nya dan siap berkoordinasi untuk mengakomodir kebutuhan darah.

Dr. Sari, selaku Dokter PMI berharap banyak kepada masyarakat maupun komunitas untuk jangan takut melakukan donor darah dalam masa pandemi covid-19.

"PMI sudah membuat dan memastikan proses pendonoran darah dapat berjalan aman dan nyaman sesuai aturan dari kemenkes dan WHO," ujar Dr. Sari dalam siaran resmi HAI Chapter Jakarta kepada GridOto.com, Rabu (15/4/2020).

Adapun stok kebutuhan harian kantung darah di DKI mencapai 800 sampai 1.000 kantung.

Baca Juga: Honda ADV150 di Thailand Mendapat Update Kelir, Harganya Lebih Murah di Indonesia

Nah, ketika masa pandemi Covid-19, stok menurun drastis hingga hanya 200 kantung per hari.

Banyak kebutuhan harian dari pasien hemodialisa, thalasemia, dan belum lagi menjelang musim DBD yang pastinya kebutuhan darah akan meningkat.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa