Mengurangi Angka Kecelakaan di Jalan Tol, Jasa Marga Perkenalkan Eco Driving ke Masyarakat

Harun Rasyid - Rabu, 11 Maret 2020 | 17:20 WIB
Seremoni dari acara Jasa Marga Eco Driving dengan mobil listrik Tesla
Harun/GridOto.com
Seremoni dari acara Jasa Marga Eco Driving dengan mobil listrik Tesla

GridOto.com - Demi mengurangi tingkat kecelakaan di jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menggelar talkshow dengan tema 'Jasa Marga Eco Driving' di kawasan TMII, Jakarta Timur, Rabu (11/3/2020).

Jasa Marga Eco Driving dihadiri para pembicara dari Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) hingga Road Safety Consultant.

Eco driving sendiri adalah cara berkendara yang mengutamakan keselamatan sesama pengendara, sekaligus memperhatikan kualitas lingkungan melalui efisiensi penggunaan BBM pada kendaraan.

Pandu Yunianto, Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjenhubdat Kementerian Perhubungan mengatakan, eco driving wajib dipahami pengemudi, selain safety driving dan defensive driving.

(Baca Juga: Pengemudi Truk Harus Tertib! PT Jasa Marga Akan Rutin Razia Truk ODOL di Ruas Tol)

"Eco driving selain memperhatikan keselamatan, juga mengarah ke bagaimana kualitas lingkungan menjadi baik, sehingga pemakaian BBM juga jadi irit. Karena bahan bakar fosil semakin lama jumlahnya semakin menipis," ujar Pandu saat ditemui GridOto.com.

Oleh karena itu, masyarakat yang menghadiri acara tersebut, juga diberikan edukasi dan praktik bagaimana melakukan eco driving.

"Untuk melakukan eco driving, tahapan pertama kendaraan harus selalu dicek kondisinya. Kedua, penggunaan kualitas BBM yang sesuai standar," sebutnya, Rabu (11/3/2020).

"Kemudian juga cara mengerem dan menekan gas yang baik, hal ini pasti akan mempengaruhi konsumsi BBM. Selain itu muatan yang diangkut kendaraan juga tidak boleh terlalu banyak apalagi sampai melanggar ODOL," tutup Pandu.

(Baca Juga: Begini Cara Suzuki Baleno MT Bisa Melaju 100 Km Lebih Hanya Dengan 5 Liter BBM)

Oleh karena itu, Raddy R. Lukman, selaku Direktur Utama PT Jasa Marga Toll Road Operator mengharapkan, pengaplikasian eco driving bisa jadi solusi dari tingginya angka kecelakaan yang didominasi dari faktor kesalahan pengemudi.

"Dari banyaknya angka kecelakaan yang terjadi di tol, 86 persen penyebabnya itu dari pengemudinya, 13 persen dari kendaraan dan sisanya karena faktor lingkungan. Kebanyakan kecelakaan ini menimpa kendaraan golongan 1, makanya kami sangat concern sekali dengan eco driving ini," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa