Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Asyiik, Pertamina Gencarkan Digitalisasi SPBU di Indonesia, Bisa Bayar Non Tunai dan Banyak Promo!

Harun Rasyid - Sabtu, 29 Februari 2020 | 12:06 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Vedhit/GridOto.com
Ilustrasi SPBU Pertamina

GridOto.com - Pertengahan tahun 2020 menjadi target Pertamina dalam langkah digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia.

Dari data yang GridOto.com dapatkan, hingga akhir Februari 2020, tercatat 3.814 SPBU atau hampir 70% dari 5.518 SPBU sudah dilakukan instalasi dashboard.

Sedangkan instalasi Automatic Tank Gauge (ATG) telah terpasang di 4.216 SPBU atau capai 76%.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan digitalisasi SPBU merupakan bagian dari proses digitalisasi seluruh bisnis Pertamina demi menjawab tantangan di era digital.

(Baca Juga: Plus Minus Pembayaran Nontunai Pertamina, Mudah Tapi Harus Hati-hati)

“Digitalisasi SPBU bertujuan meningkatkan layanan kepada pelanggan setia Pertamina sehingga menjadi lebih aman, mudah dan cepat ,” terang Fajriyah, Jumat (28/2/2020).

Digitalisasi tersebut membuat Pertamina dapat memantau kondisi stok dan penjualan BBM secara real time. Sehingga kondisi kekurangan BBM di SPBU dapat lebih diantisipasi.

Ilustrasi aplikasi MyPertamina di smartphone
Vedhit/GridOto.com
Ilustrasi aplikasi MyPertamina di smartphone


Sistem ini juga diyakini dapat memberikan manfaat berupa peningkatan kepastian takaran, selain itu diharapkan juga meningkatkan pengawasan penyaluran BBM.

Digitalisasi juga semakin mendukung pembayaran dengan sistem non tunai melalui sistem debit perbankan atau aplikasi MyPertamina, meskipun pembayaran tunai tetap disediakan.

(Baca Juga: Harga BBM Pertamina di Wilayah Ini Lebih Mahal Dibanding Daerah Lain, Ini Alasannya)

"Sejalan dengan trend life style yang mengarah ke cashless, pembayaran non tunai dengan aplikasi MyPertamina pun lebih banyak manfaatnya. Selain cepat dan mudah, terdapat poin yang bisa dikumpulkan untuk mengikuti berbagai program promosi Pertamina", imbuh Fajriyah.

"Tanpa perlu kartu khusus, aplikasi Mypertamina dapat diakses dengan smartphone, telah terintegrasi dengan LinkAja sehingga bisa digunakan untuk pembayaran seluruh transaksi di SPBU, baik untuk membeli BBM, Bright Gas, Pelumas maupun belanja di Bright," tambah Fajriyah.

Pembayaran cashless via aplikasi caranya yaitu, cukup scan barcode pada mesin pembayaran, dalam beberapa detik transaksi pun selesai.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa