Virus Corona Merebak, Beberapa Merek Tutup Pabriknya di Wuhan, Industri Otomotif Global Terancam!

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 10 Februari 2020 | 16:07 WIB
Ilustrasi produksi mobil
Crascoops
Ilustrasi produksi mobil

GridOto.com - Merebaknya virus Corona di China mengancam industri otomotif global khususnya ketersediaan suku cadang dan penurunan jumlah penjualan.

Menurut laporan dari CNN Business, sebelum mewabahnya virus Corona, penjualan mobil di Tiongkok sudah turun selama dua tahun berturut-turut karena pertumbuhan ekonomi yang lambat dan hilangnya insentif pajak untuk mobil listrik.

Saat virus Corona menyebar, banyak pabrik besar yang diperintahkan untuk menutup segala kegiatan produksinya.

Mengutip dari Carscoops, S&P Global Ratings percaya bahwa wabah virus Corona memaksa produsen mobil di seluruh Asia untuk memangkas produksi sekitar 15 persen pada kuartal pertama.

(Baca Juga: Dampak Virus Corona, Hyundai Terpaksa Stop Sementara Produksi Mobilnya)

Beberapa merek kendaraan yang memiliki pabrik di Wuhan adalah General Motors (GM), Nissan, Renault, Honda, dan PSA Group, pabrik-pabrik tersebut menyumbang 9% dari total produksi kendaraan di China.

Volkswagen juga berada dalam bahaya sebab VW mengoperasikan 24 pabrik yang memproduksi mobil maupun suku cadang di China yang jumlah produksinya kurang lebih 40% dari jumlah produksi globalnya.

Untuk saat ini, VW menyebut bahwa pengiriman unit dan rantai pasokannya belum berubah. Stok yang tersedia masih memungkinkan untuk memenuhi seluruh pengiriman sesuai jadwal.

Namun, jika krisis ini terus berlanjut, ada kemungkinan rantai pasokan kendaraan roda empat global akan terdampak.

Tidak hanya merek-merek mobil, beberapa perusahaan pemasok suku cadang seperti Bosch, Schaeffler, ZF Friedrichshafen, Faurecia, dan Valeo, juga memiliki fasilitas produksi di Tiongkok.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Carscoops.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa