Punya Multiplier Effect, Sirkuit Mandalika Disebut Mampu Datangkan Benefit Lebih Dari Asian Games & Olimpiade!

Harun Rasyid - Sabtu, 8 Februari 2020 | 15:00 WIB
Ilustrasi sirkuit Mandalika
Ilustrasi sirkuit Mandalika

GridOto.com - Dinyatakan bakal menjadi kawasan ekonomi khusus,  Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB disebut memiliki multiplier effect.

Hal tersebut dilontarkan Dyan Dilato, selaku Kepala Operasi Olahraga Mandalika Grand Prix Association (MGPA) saat ditemui GridOto.com, Kamis (6/2/2020) di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Multiplier effect ini mudah sekali menghitungnya, misalnya di MotoGP Malaysia di Sepang 120 ribu orang pengunjungnya, 60 persennya itu ternyata orang Indonesia," jelas Dyan.

"Anda bisa bayangkan kalau 1 orang Indonesia saja untuk membeli tiket di Sepang bisa menghabiskan sekitar Rp 5 juta sampai 6 juta, tinggal dikalikan sekitar 60 ribu pengunjung saja. Hasilnya bisa mencapai ratusan miliar rupiah, dan ini bisa dialihkan ke Mandalika dari segi tiket saja," tambahnya kepada GridOto.com.

(Baca Juga: Pembangunan Sirkuit Mandalika Sempat Terhambat, MGPA Bocorkan Progresnya)

Dyan menyebut, keuntungan terselenggaranya MotoGP di Indonesia, bisa melebihi Asian Games ataupun Olimpiade.

"Kalau dibandingkan dengan Asian Games atau Olimpiade yang datang ke Indonesia tidak setiap tahun, bisa dilihat keuntungannya. Dan ajang di Mandalika  bukan hanya MotoGP saja, tapi ada World Superbike, Enduro World Series, Asia Road Racing Championship dan sebagainya," sebut Dyan.

Selain itu, Dyan mengungkapkan, citra Indonesia di mata dunia juga akan lebih disegani terutama dari sisi olahraga dan tourism.

Ilustrasi sirkuit Mandalika
dok. MotoGP
Ilustrasi sirkuit Mandalika


"Keuntungan bukan cuma dari merchandise atau usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat Lombok saja, tapi yang terpenting country image. Melalui tourism dan olahraga ini, pemerintah Indonesia akan dilihat lebih baik imejnya oleh dunia," ungkap Dyan.

(Baca Juga: Valentino Rossi Rasakan Kecepatan Motor Baru Yamaha Lebih Besar dari Sebelumnya)

Karena itu, dengan adanya Sirkuit Mandalika dapat menyelamatkan devisa dari penonton Indonesia yang biasa datang ke Sirkuit Sepang, Malaysia.

"Jadi multiplier effect ini sangat luar biasa, jadi adanya sirkuit ini bisa menghemat devisa yang biasa dialirkan buat nonton di Sepang, dan juga menambah devisa yang banyak, belum lagi perkembangan pembangunan dari segi tourism seperti hotel," tutupnya.

Wah jadi makin enggak sabar nih sob nunggu tahun depan, buat lihat MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa