Cari Mekanik 'Sakti' Untuk Dikirim Ke Jerman, DCVI Gelar Indonesia TechMasters 2020

Harun Rasyid - Sabtu, 18 Januari 2020 | 17:36 WIB
Peserta Indonesia TechMasters sedang dinilai oleh juri.
Peserta Indonesia TechMasters sedang dinilai oleh juri.

GridOto.com - Sebagai agen pemegang merek mobil komersial Mercedes-Benz di tanah air, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) menggelar Indonesia TechMasters 2020, Sabtu (18/1/2020).

Indonesia TechMasters yang berlangsung di Mercedes-Benz Aftersales Training Centre & Parts Department yang berlokasi di Ciputat, merupakan adaptasi dari the Mercedes-Benz Global TechMasters yang rutin diadakan tiap tahun oleh Daimler AG.

Kompetisi keterampilan mekanik ini pertama kalinya digelar oleh DCVI, kompetisi tersebut bertujuan meningkatkan keterampilan para mekanik kendaraan niaga Mercedes-Benz di seluruh rekan dealer resmi DCVI di Indonesia.

Sementara The Mercedes-Benz Global TechMasters adalah kompetisi internasional tahunan untuk mekanik Mercedes-Benz yang diadakan setiap tahun dan diikuti oleh mekanik Daimler dari seluruh dunia.

(Baca Juga: Menjajal Mercedes-Benz Vito Business, Sang Penjegal Toyota Alphard)

Imam Sujono, selaku Head of Aftersales & Parts (CSP) Training DCVI mengatakan, lewat Indonesia TechMaster para mekanik berkesempatan mengikuti training dan kompetisi di Jerman.

"Kompetisi untuk mengapresiasi keahlian mereka, selain itu juga untuk membangun suasana kompetisi dan jadi proud bagi para mekanik DCVI karena ada penghargaan
bagi dari kami untuk mereka," kata Imam, Sabtu (18/1/2020).

"Hari ini merupakan tahap final dari tahap seleksi yang sudah berlangsung di tingkat  nasional sejak Oktober 2019, nantinya peserta di babak final ini akan kami kembangkan untuk berkompetisi di Jerman," tambahnya kepada GridOto.com.

Salah satu peserta Indonesia TechMasters 2020 sedang memperbaiki masalah di bus Mercedes-Benz
Salah satu peserta Indonesia TechMasters 2020 sedang memperbaiki masalah di bus Mercedes-Benz


Dalam uji praktik di Indonesia TechMasters, mekanik dituntut memecahkan masalah pada kendaraan sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

(Baca Juga: Video Ulasan Tentang Truk Mercedes-Benz yang Tangguh dan Nyaman)

"Jadi final hari ini, ada 12 teknisi yang terbagi menjadi 2 kategori untuk truk dan bus. Dari masing-masing kategori ada 6 peserta, mereka harus menyelesaikan masalah pada kendaraan sesuai kriteria standar perbaikan di dealer resmi," terang Imam.

"Masalah atau kerusakan teknis dibuat berdasarkan kondisi nyata yang terjadi pada kendaraan, peserta juga harus menyelesaikannya dalam waktu 60 menit," sebutnya lagi.

Imam menambahkan, 12 orang peserta di babak final adalah orang terpilih dari 199 orang peserta dari semua dealer DCVI.

"12 peserta semuanya sebenarnya sudah menang tapi penilaian akan tetap dihitung untuk melihat siapa yang terbaik. 12 orang peserta tersebut merupakan perwakilan dari 7 dealer DCVI di Indonesia yang berhasil lolos dari seleksi yang diikuti 199 orang peserta," ungkap Imam.

(Baca Juga: Mantap, Bus Mercedes-Benz Diuji Kelayakannya di Lintasan Khusus!)

"Sejumlah peserta di babak final dari kompetisi ini, selain akan langsung dikirim ke jerman, juga ada hadiah liburan ke luar negeri, gadget, piala, piagam, sertifikat dan plakat ke dealer perwakilan. Besar hadiah tergantung jumlah skor yang diraih oleh peserta," tutupnya.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa