Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daihatsu Klaim Pertahankan Posisi Kedua di Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2019, Ini Alasannya

Wisnu Andebar - Kamis, 9 Januari 2020 | 16:40 WIB
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar press conference di awal tahun 2020.
Wisnu/GridOto.com
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar press conference di awal tahun 2020.

GridOto.com - Saat press conference di PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sunter, Jakarta Utara pada Kamis (9/1/2020), Daihatsu membeberkan pencapaian positif sepanjang 2019.

Daihatsu mengklaim berhasil mempertahankan ranking 2 selama 11 tahun terakhir di tengah persaingan yang ketat dengan brand lainnya.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, pencapaian ini tidak lepas dari hasil inovasi yang dilakukan terus-menerus dari seluruh tim demi meningkatkan safety, quality, dan efficiency.

(Baca Juga: Mobil Daihatsu Kebanjiran? Tenang, Ada Diskon Untuk Biaya Perbaikannya)

”Kami bersyukur dapat mempertahankan posisi nomor 2 selama 11 tahun berturut-turut pada penjualan retail otomotif nasional," katanya saat ditemui GridOto.com.

Amel menjelaskan, penjualan di Desember 2019 sekitar 18.157 unit, dibandingkan November 2019 naik sekitar 12 persen.

Sehingga total penjualan secara retail Daihatsu di 2019 mencapai 177.586 unit.

"Kalau dibandingkan dengan rival terdekat yakni Mitsubishi, untuk mencapai 177.586 unit butuh sekitar 29.000 unit di bulan Desember. Rasanya terlalu jauh, kalau angka 29.000 unit per bulan itu level Toyota," ungkapnya.

"Jadi kami berani klaim walaupun belum ada angka resmi dari Mitsubishi, kami nomor dua," sambung Amel.

Model Daihatsu yang mendominasi penjualan juga silih berganti menempati top 3 model kontributor, seperti Xenia, Gran Max, dan Sigra.

Pencapaian ini juga tak lepas dari kuatnya jaringan penjualan dan purnajual yang tersebar di seluruh Indonesia yang selalu bertambah jumlahnya.

Selain penjualan, Daihatsu juga terus berinovasi dengan melakukan pembaruan dalam proses produksi yang lebih berkualitas dengan fokus kepada 3 hal utama, yaitu safety, quality, dan efficiency.

(Baca Juga: Daihatsu Tebar Posko Siaga Selama Mudik Natal dan Tahun Baru 2020, Catat Lokasinya!)

Tujuan dari inovasi di bidang safety ialah untuk menjadi merek yang terpercaya dengan selalu menciptakan proses kerja yang aman.

Sementara itu, inovasi pada quality bertujuan agar semua produk Daihatsu menjadi best fit in Indonesia.

Pada sisi efisiensi, agar Daihatsu selalu dapat memberikan best value kepada konsumen.

Pada kesempatan awal tahun ini, Daihatsu juga menampilkan sebagian dari proses inovasi dalam proses kerja produksi tersebut berupa booth exhibition sebagai gambaran representasi.

Safety diwakilkan oleh Press Plant Daihatsu yang mempresentasikan tentang inovasi sensor pendeteksi bahaya, yang juga akan bekerja menahan mesin press saat karyawan memasuki area beresiko tinggi, sehingga lebih aman dan terhindar dari kecelakaan kerja.

Dalam hal Quality, diwakilkan oleh Engine Plant dengan alat 'quality detector' yang dapat menghasilkan kualitas potongan tiap komponen mobil yang lebih presisi, dan Casting Plant dengan 'robot deburring' yang berfungsi sebagai alat pembersih scrap secara otomatis.

Pada sisi Efficiency, diwakilkan Body Plant, mengenai optimalisasi proses penyatuan bagian bodi atas dengan bodi bawah mobil secara otomatis, agar proses kerja lebih cepat, dan lebih hemat ruang.

Sebagai hasilnya, Daihatsu di Indonesia meraih penghargaan dan berprestasi di ajang InnovAstra yang ada di dalam grup Astra, serta meraih 3 penghargaan tertinggi diamond pada konvensi skala nasional seperti TKMPN (Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional).

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa