Demi Suasana Kondusif, Polisi Enggak Cuma Razia Pengguna Knalpot Brong, Tapi Sampai Bengkelnya

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 26 Desember 2019 | 20:23 WIB
Ilustrasi penyitaan knalpot brong oleh polisi
Ilustrasi penyitaan knalpot brong oleh polisi

GridOto.com - Pengguna knalpot brong alias knalpot asal-asalan yang bersuara bising enggak ketulungan memang sangat mengganggu ketenangan.

Kalau biasanya cuma penggunanya yang ditindak, kali ini pihak kepolisian di Sidoarjo bergerak razia knalpot brong hingga ke bengkel-bengkel.

Dalam razia itu, jika ada knalpot brong atau kendaraan modifikasi yang tidak sesuai spek ditemukan di bengkel-bengkel yang didatangi polisi, akan langsung disita oleh petugas.

"Disita sementara untuk dikembalikan ke pemiliknya. Tapi diimbau difungsikan sebagaimana spesifikasi, atau knalpot dihancurkan jika melanggar," kata Kasat Lantas Polresta Sidoarjo AKP Eko Iskandar, Kamis (26/12/2019).

(Baca Juga: Motor Pakai Knalpot Brong di Kudus Saat Malam Tahun Baru 2020, Siap-siap Ditertibkan Polisi)

Razia terhadap bengkel sepeda motor bakal dilakukan secara menyeluruh. Bukan cuma bengkel di kawasan kota, tapi juga bengkel di semua kecamatan. Tujuannya untuk mengantisipasi penggunaan knalpot brong dalam perayaan malam pergantian tahun nanti.

Menjelang dan saat malam tahun baru, petugas juga bakal disebar ke berbagai titik strategis. Jika menemukan knalpot brong, polisi akan langsung menindak penggunanya.

"Ada petugas standby di lokasi yang ditentukan, ada juga petugas yang mobile atau keliling. Semua wajib mengimbau masyarakat agar tetap menaati peraturan saat merayakan pergantian tahun. Jika ada pelanggaran, langsung ditindak," tegasnya.

Hal lain yang menjadi konsentrasi polisi adalah aksi konvoi. Saat pergantian tahun, petugas mengimbau semua pihak agar tidak menggelar konvoi pada malam tahun baru.

(Baca Juga: Pakai Knalpot Brong, 15 Motor Keciduk Polres Tulungagung. Boleh Ambil Motornya Asal...)

Disarankan memilih kegiatan positif saat perayaan tahun baru. "Petugas yang standby dan mobile juga akan mengimbau warga agar tidak konvoi," tambah kasatlantas.

Untuk mengantisipasi konvoi dan penggunaan knalpot brong, beberapa wilayah perbatasan bakal dijaga ketat. Seperti di Waru yang berbatasan dengan Surabaya, kawasan Porong perbatasan dengan Pasuruan, serta Balongbendo yang merupakan perbatasan dengan Mojokerto.

Jika ada konvoi, petugas di titik perbatasan itu akan langsung menghalau. Sementara ketika melihat ada knalpot brong dan pelanggaran lain, bakal langsung ditindak.

Demikian halnya di lokasi strategis seperti alun-alun dan sebagainya. Petugas akan disiapkan khusus untuk pengamanan malam tahun baru nanti. Termasuk mengerahkan personil yang melakukan patroli keliling.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Antisipasi Knalpot Brong saat Tahun Baru, Polisi Bakal Razia Bengkel-Bengkel di Sidoarjo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Surya.co.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa