Simak Nih, Rekayasa Lalu Lintas di Puncak Malam Tahun Baru 2020

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 19 Desember 2019 | 14:30 WIB
Foto ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Puncak Bogor
Tribun Jabar
Foto ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Puncak Bogor

GridOto.com - Pada malam tahun baru 2020, Direktorat Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan sekitar 30.000 kendaraan akan memadati kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Demi terciptanya lalu lintas yang aman dan nyaman, Kemenhub bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Balai Jalan VI Kementerian PUPR, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Satlantas Polres Bogor akan memberlakukan rekayasa lalu lintas semasa periode tersebut.

"Guna mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas ke arah Puncak, akan dilaksanakan Car Free Night yang dimulai pada 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB. Kami juga akan siapkan alat berat di titik yang berpotensi ada longsor," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, dikutip dari Kompas.com, Rabu (18/12/2019).

Lebih jauh, sebagaimana dijelaskan Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri, sebelum dilaksanakannya car free night akan diberlakukan one way ke arah Puncak mulai 31 Desember 2019 pukul 07.00-12.30 WIB.

(Baca Juga: Malam Tahun Baru 2020 Polres Bogor Tutup Jalur Puncak. Kenapa?)

"Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan arus lalu lintas dua arah pada pukul 12.30-18.00 WIB. Setelah itu baru pembukaan Car Free Night," katanya.

Sementara pada 1 Januari 2020, tepatnya setelah pukul 06.00 WIB, akan diberlakukan sistem one way ke arah Puncak selama 1-2 jam, kemudian dibuka dua arah pada pukul 13.00 WIB. Setelahnya, arus lalu lintas akan dijadikan satu arah kembali sampai volume kembali normal.

"Pada 31 Desember 2019 Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor akan menyiapkan 4 free shuttle bus dari Simpang Gadog hingga ke Tamah Safari untuk mengakomodir pengunjung yang akan merayakan malam tahun baru di kawasan Puncak saat Car Free Night," kata Fadli.

Berikut pengalihan arus lalu lintas pada 31 Desember 2019:

a. Exit Cibubur (Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cikalong/Cianjur).
b. Interchange Bogor (GT Bogor-Jl Pajajaran-Jl Tajur-Sp Ciawi-Sukabumi).
c. Interchange 1B (Bocimi-Cigombong-Cicurug-Parung Kuda-Cibadak-Sukabumi-Cianjur)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Begini Rekayasa Lalu Lintas di Puncak pada Malam Tahun Baru 2020

Editor : Hendra
Sumber : Kompas.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa