Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Selain Tol Layang Jakarta-Cikampek II, Presiden Juga akan Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda Desember Ini

Shafly - Senin, 9 Desember 2019 | 21:35 WIB
Ilustrasi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda
Dokumentasi Jasa Marga
Ilustrasi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

GridOto.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, mengatakan Presiden Joko Widodo akan meresmikan dua ruas tol baru pada Desember ini.

Kedua ruas tol yang dimaksud adalah tol layang Jakarta - Cikampek II, dan Balikpapan - Samarinda (Balsam).

"Balsam for sure bisa. Karena itu masuk program peresmian pak Presiden. Jadi sebelum tanggal 25 Desember 2019, kemungkinan sebelum tgl 20 Desember 2019," ucap Danang di Kuningan City, Jakarta Selatan (9/12/2019).

Mengutip laman Kompas.com, tol Balikpapan-Samarinda direncanakan memiliki panjang 66 km yang meliputi 5 seksi.

(Baca Juga: BPJT Sebut Tol Manado-Bitung Bisa Digunakan Fungsional Saat Libur Natal dan Tahun Baru)

Seksi 1 ruas Balikpapan-Samboja (22,03 km), seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), seksi 3 ruas Muara Jawa-Palaran (17,50 km).

Sementara seksi 4 ruas Palaran-Samarinda (17,95 km), dan seksi 5 ruas Balikpapan-Sepinggan (11,09 km).

Danang mengatakan, untuk periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 ini, ruas yang bisa dioperasikan adalah seksi 2, seksi 3, dan seksi 4.

Untuk seksi 1 dan seksi 5 saat ini masih dalam tahap pembangunan.

(Baca Juga: Pekan Ini Diresmikan, Berapa Tarif Tol Layang Jakarta - Cikampek II?)

Terkait tol layang Jakarta-Cikampek II, Danang menyebut peresmiannya akan dilakukan lebih cepat dari target awal 20 Desember 2019.

"Harapan kami SLO (Surat Laik Operasi) bisa diterbitkan maksimal tanggal 11 Desember. Persemiannya kan pasti setelah itu. Harapan kami lebih cepat," jelas Danang.

Tol Balikpapan-Samarinda yang dirancang sepanjang 66 kilometer akan dioperasikan pada saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mencakup tiga seksi. Ketiganya yakni seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 kilometer), seksi 3 ruas Muara Jawa-Palaran (17,50 kilometer), seksi 4 tuas Palaran-Samarinda (17,95 kilometer). Sementara seksi 1 ruas Balikpapan-Samboja (22,03 kilometer), dan seksi 5 ruas Balikpapan-Sepinggan (11,09 kilometer) yang konstruksinya didukung oleh Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur masih dalam tahap pembangunan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gratis, Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek dan Balsam Saat Natal 2019", https://properti.kompas.com/read/2019/12/09/154237021/gratis-lewat-tol-layang-jakarta-cikampek-dan-balsam-saat-natal-2019?page=all#page3.
Penulis : Hilda B Alexander
Editor : Hilda B Alexander

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa